Do Kwon UST Dalang di Balik Proyek Stablecoin Gagal “Basis Cash”, Kata Mantan Karyawan Terraform Labs

Do Kwon, Pendiri Terra (LUNA) dan stablecoin UST lewat Terraform Labs disebut-sebut sebagai dalang di balik proyek stablecoin yang gagal, yakni “Basis Cash”.

Hal itu disampaikan oleh beberapa mantan karyawan Terraform Labs kepada media kripto terkemuka, Coindesk, Kamis (12/5/2022).

Basis Cash (BAC) yang berbasis Ethereum itu diluncurkan pada akhir 2022, tepat sebelum peluncuran terraUSD (UST), stablecoin andalan Terra. Seperti UST, BAC menstabilkan nilainya tetap 1 dolar secara algoritmik (by code), bukan berdasarkan underlying asset asli.

Namun proyek stablecoin BAC itu akhirnya gagal dan telah lama terbengkalai. Proyek itu tidak pernah mencapai target paritas dolarnya, merosot di bawah US$1 pada awal 2021 dan diperdagangkan jauh di bawah 1 sen pada hari Rabu.

Sekarang sejarah tampaknya berulang. Selama tiga hari terakhir, UST merosot tajam di bawah pasaknya, mencapai level 27 sen pada dini hari AS pada Rabu.

Depegging UST telah mengejutkan pasar kripto dan regulator, karena stablecoin yang dulu bernilai pasar US$15 miliar terus mengalami penurunan. Sedangkan BAC yang gagal itu bernilai pasar US$54,5 juta, jauh lebih kecil dampaknya ke pasar.

Adalah Hyungsuk Kang, mantan karyawan di Terraform Labs (TFL), mengatakan bahwa Basis Cash sebenarnya adalah proyek sampingan dari beberapa pendiri awal Terra, termasuk dirinya dan Do Kwon.

Kang akhirnya meninggalkan TFL untuk membangun pesaing Terra yang disebut Standard Protocol .

“Basis Cash tidak diuji saat ini, dan kami bahkan tidak yakin itu akan berhasil, kata Kang. Kwon ‘hanya ingin mengujinya’. BAC adalah proyek percontohan untuk stablecoin,” kata Kang.

Narasumber anonim, bagian dari pengembang Basis Cash kepada CoinDesk mengatakan, bahwa karyawan Do Kwon dan TFL berada di belakang proyek Basis Cash itu.

Nama Samaran Do Kwon adalah “Rick Sanchez”

Kedua-duanya mengatakan Do Kwon menggunakan nama samaran “Rick Sanchez” untuk proyek Basis Cash itu. Coindesk juga menyematkan percakapan internal “Basis Cash Korea (BCK)” di mana Kwon menyebut dirinya sebagai “Rick”.

Basis Cash tidak pernah mencapai puncaknya. Nilai totalnya terkunci (TVL) secara singkat memuncak pada US$174 juta pada Februari 2021, dua kali lipat di bawah TVL Terra senilai US$30 miliar sebelum aksi jual “gila-gilaan” minggu ini.

Dalam hal ini, ada kepentingan publik seperti spiral kematian stablecoin UST Kwon, mendatangkan malapetaka di pasar kripto yang lebih luas.

“Di tengah situasi genting ini, investor berhak mengetahui bahwa UST bukanlah satu-satunya upaya Kwon untuk membuat stablecoin algoritmik berfungsi,” tulis Coindesk. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait