Drama Baru Apalagi Ini? Craig Wright Vs Roger Ver

111
IKLAN

Roger Ver, pencipta Bitcoin Cash (BCH) tampil di YouTube, menanggapi surel yang ia terima dari Craig Wright pada 3 November 2018. Wright adalah mantan sekutu Ver di BCH yang kini tampaknya berubah menjadi lawan.

CryptoGlobe melansir, Kamis (8/11), Wright memarahi Ver, menyatakan perang menjelang hard fork BCH mendatang.  Dalam video tersebut Ver menayangkan cuplikan surel yang dikirimkan Wright kepadanya. Dengan segala sumpah serapah, Wright mengancam akan melakukan “dua tahun tanpa trading,”. Hingga saat ini belum jelas apa yang dimaksud Wright dengan ancaman tersebut.


Konteks surel tersebut adalah rencana hard fork blockchain Bitcoin Cash menjadi versi ABC yang didukung oleh Ver dan website Bitcoin.com yang dikelola Ver. Sementara itu di sisi lain ada versi Satoshi Vision (SV) yang didukung Wright dan pemilik Coingeek.com, Calvin Ayre.

“Mungkin saya telah dibodohi oleh Wright. Wright dikenal secara publik sebagai ‘Satoshi palsu’ akibat mengklaim dirinya yang menciptakan protokol Bitcoin tanpa pernah memberikan bukti,” ujar Ver dalam video berdurasi 21 menit itu.

Menurut Ver, hard fork BCH tidak akan menghasilkan versi SV sebagai kompetitor yang sukses terhadap ABC. Ia berpendapat kehebohan yang mengelilingi fork ini mirip dengan ekspektasi terhadap bug Y2K di pergantian millennium, yang di kemudian hari ternyata “pepesan kosong”.

Ver mengklaim ABC memiliki peluang 10 banding 1 untuk berhasil, sambil merujuk kepada kekuatan mining atau penambangan yang mendukung kedua versi Bitcoin Cash tersebut. Klaim Ver ini tampaknya benar menurut situs coin.dance yang memonitor kekuatan mining pada sejumlah kripto.

Mengingat konflik komunitas kripto yang terjadi dengan dan tanpa komunitas Bitcoin Cash selama setahun terakhir, suasana surel Wright tersebut barangkali hal yang lazim. Awal tahun ini, Vitalik Buterin, pencipta Ethereum, menyebut Wright sebagai seseorang yang “palsu” dan “gila”.

Wright menulis surel susulan yang menuduh Ver dan Jihan Wu, pendiri perusahaan pembuat peranti keras mining Bitmain yang mendukung Ver, tentang beberapa skandal.

“Kalau Jihan Wu dan Roger Ver serta pengembang ABC ingin membuat situs pornografi anak tanpa izin dan Silk Road versi 2.0, mereka bisa menggunakan Dash. Mereka tidak boleh melakukan hal ini kepada Bitcoin Cash. Hanya ini kegunaan yang mereka miliki dan hal itu tidak akan terjadi!” cuit Wright melalui akun Twitternya.

Beberapa penggiat kripto turut mengomentari “drama” itu. Pengguna Twitter, bernama Alistair Milne berkata, “Saya tidak ingin skenario ini terjadi kepada siapapun, sekalipun jika sekadar gertakan belaka. Kita menciptakan uang berdaulat supaya tidak bisa diserang seperti ini.” [ed]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini