Dua Dana Pensiun AS Ikut Investasi US$40 Juta di Kripto

25

Morgan Creek Digital, perusahaan investasi yang berbasis di Amerika Serikat, berhasil mendapatkan dua dana pensiun sebagai investor aset kripto. Diperkirakan, peristiwa tersebut adalah pertama kalinya sebuah dana pensiun melakukan investasi di sektor kripto di negeri Paman Sam.

Menurut pernyataan resmi Morgan Creek, dua dana pensiun di daerah Fairfax, Virginia, merupakan investor utama dalam sebuah dana modal ventura senilai US$40 juta. Pendiri Morgan Creek Digital Anthony Pompliano mengatakan, investor lain yang turut serta dalam dana tersebut termasuk sebuah perusahaan asuransi, dana universitas dan sebuah yayasan pribadi.

Pegiat kripto percaya investor institusi akan tertarik dengan aset digital, karena volatilitasnya dan potensi meraup cuan yang luar biasa. Kendati demikian, sebagian besar investor institusi enggan terlibat dalam pasar kripto karena adanya manipulasi pasar dan kurang jelasnya regulasi.

Dana pensiun Virginia tersebut bergabung dengan sejumlah institusi lainnya untuk berinvestasi di industri kripto, termasuk Universitas Yale, dana universitas kedua terbesar yang berinvestasi dalam sebuah dana aset digital tahun lalu.

Fairfax County Retirement Systems mengelola tiga dana pensiun yang berbeda, dua di antaranya menjadi investor di dana Morgan Creek Digital, jelas Pompliano. Katherine Molnar, Chief Investment Officer dari salah satu dana pensiun tersebut, mengatakan, teknologi blockchain yang dikembangkan untuk merekam transaksi Bitcoin merupakan peluang baru yang menawarkan potensi profit asimetris yang sangat menarik.

Pompliano juga mengungkapkan, dan baru ini dibuat seperti dana modal ventura tradisional yang akan menaruh investasi di ekuitas perusahaan-perusahaan di industri blockchain dan aset digital. Sebelumnya, Morgan Creek telah menanam investasi ekuitas di perusahaan-perusahaan kripto seperti Coinbase, Bakkt, BlockFi dan RealBlocks. Dana ini juga akan menyimpan sebagian kecil persentasenya dalam kripto yang likuid, seperti Bitcoin.

Morgan Creek Digital memilih fokus berinvestasi di ekuitas perusahaan, sebab memberikan investor paparan terhadap industri kripto tetapi lebih minim resiko dibanding membeli aset kripto likuid. Kendati demikian, Pompliano percaya setiap dana, terlepas dari strategi investasi atau industrinya, sebaiknya memiliki sebagian kecil simpanan Bitcoin.

“Ada keyakinan di dunia institusi jika sebuah industri akan bertahan lama, maka industri itu sangat berharga. Investor besar tidak teralihkan dengan harga jangka pendek, melainkan melihat tren jangka panjang. Mereka sedang berinvestasi di inovasi sebagai cara untuk mendapatkan hasil besar dengan resiko yang minimal,” ucap Pompliano dalam wawancara melalui telepon kepada Bloomberg.

Morgan Creek Digital, yang merupakan rekan perusahaan pengelola investasi Morgan Creek Capital Management, melampaui target awalnya untuk menggalang US$25 juta bagi dana tersebut. Hal penting yang ditekankan oleh perusahaan ini adalah, semua aset tradisional pada waktunya akan diwakilkan oleh token digital, dan masuknya modal intelektual di aset digital akan menghasilkan keuntungan besar. Morgan Creek juga berpendapat, kripto tidak terhubung dengan aset tradisional, sehingga investor mendapatkan peluang yang unik. [bloomberg.com/ed]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Hubungi Kami