Dua Game Atari Ini Akan Dibuat dalam Versi Blockchain

Pada Selasa (18/12), Atari mengumumkan memberikan lisensi khusus kepada Animoca Brands agar sejumlah game popular buatan Atari, seperti RollerCoaster Tycoon dan Goon Squad dapat dibuat dalam versi blockchain.

Lisensi yang dituangkan dalam perjanjian itu berlaku hingga April 2022 dan menyertakan hak untuk menerbitkan game-game tersebut secara global, kecuali di wilayah Tiongkok, Hong Kong, Taiwan dan Macau.

“Kami sangat bangga memasuki hubungan strategis dan jangka panjang dengan Animoca, yang menjadikan kami sebagai pemangku kepentingan dalam salah satu inovator paling mengasyikkan di dunia game terdesentralisasi. Kami berharap kesepakatan ini membuka jalan bagi kerjasama selanjutnya di produk lain Atari,” kata Frederic Chesnais, CEO Atari Group seperti dilansir dari CryptoGlobe.

Perjanjian itu mewajibkan Animoca membayar atas hak lisensi itu kepada Atari dalam bentuk saham di Animoca. Animoca akan membayar Atari dengan garansi minimum US$250 ribu dari pendapatan, dibayar dalam bentuk saham perusahaan Animoca dengan harga 0,11 dolar Australia (sekitar 3.125.000 lembar saham). Pembagian pendapatan akan diberikan kepada Atari setelah pendapatan bruto dari penjualan game mencapai lebih dari US$500 ribu.

Atari adalah nama lama industri video game. Perusahaan ini terkenal karena menerbitkan salah satu console game pertama di dunia, yaitu Atari Home Pong, sekaligus menciptakan banyak waralaba game terkenal seperti Tetris, Pac Man dan Space Invaders. Adopsi teknologi blockchain oleh perusahaan gaming yang mapan merupakan terobosan penting baik di industri kripto maupun industri gaming.

“Waralaba RollerCoaster Tycoon, seperti properti Atari lainnya, adalah game yang bisa dimainkan sepanjang masa, dan telah ada selama dua dekade. Mengingat elemen strategis dan komersial game simulasi yang sangat seru ini, ia merupakan kandidat yang sempurna bagi adaptasi blockchain,” jelas Yat Siu, co-founder dan Presiden Animoca Brands.

Selain RollerCoaster Tycoon, kontrak antara Atari dan Animoca Brands juga termasuk Goon Squad, sebuah game multiplayer strategi berbasis kartu yang diluncurkan tahun 2017.

Versi blockchain RollerCoaster Tycoon dan Goon Squad akan diterbitkan pada semester kedua 2019. Kedua game akan mengintegrasikan teknologi blockchain dan non-fungible token (NFT). Hal ini memastikan benda-benda virtual dalam game tersebut benar-benar unik dan tak dapat disalin, sekaligus menjamin sebuah ekonomi virtual yang transparan dan desentralistik. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait