spot_img
spot_img

Duit Stimulus US$40 Milyar Bisa Masuk ke Bitcoin dan Saham

Mizuho Securities mengatakan dana stimulus sebesar US$40 milyar dari total US$380 milyar, yang kelak mengalir ke kantong jutaan warga AS, bisa masuk ke pasar Bitcoin dan Saham. Kapitalisasi pasar Bitcoin bisa naik 3 persen.

Pekan lalu, wakil rakyat AS menyetujui proposal stimulus sebesar US$1,9 triliun yang diajukan oleh Pemerintahan Joe Biden.

Secara bertahap dana jumbo dan program stimulus sangat bersejarah itu akan dicairkan, di antaranya untuk penanganan pandemi dan bantuan langsung tunai untuk warga AS.

Direncanakan, sekitar US$380 milyar dari US$1,9 triliun akan dikucurkan kepada warga AS, khususnya yang menganggur.

Dua dari lima warga negara AS akan menerima bantuan langsung tunai itu dalam waktu dekat dan ingin memakai dana tersebut untuk berinvestasi.

Menurut Mizuho Securities, sekitar US$40 milyar dari US$380 milyar itu bisa digunakan oleh warga AS untuk berinvestasi di Bitcoin dan saham.

Nah, sekitar 60 persen dari US$40 milyar diperkirakan akan masuk ke pasar Bitcoin.

“Jikalau itu terjadi, maka kapitalisasi pasar Bitcoin bisa bertambah 3 persen,” kata Dan Dolev, Direktur Manajemen Mizuho Securities, dilansir dari Yahoo Finance, Senin (15/3/2021).

Dengan patokan kapitalisasi pasar Bitcoin sudah mencapai US$1 triliun, maka tambahan 3 persen, itu setara dengan US$30 milyar (sekitar Rp433 triliun).

Dolev juga menyebutkan, bahwa investasi bisa menyasar ke pasar saham yang langsung ataupun tak terkait langsung dengan sektor aset kripto.

Ia mencontohkan investasi di saham perusahaan Visa, Mastercard, PayPal dan Square. Visa dan Mastercard misalnya kian kental masuk ke sektor aset kripto itu dengan memadukan teknologi blockchain di jaringan pembayarannya.

Sedangkan PayPal sejak tahun 2020 memadukan layanan jual-beli aset kripto di aplikasinya dan kelak memungkinkan penggunanya menggunakan aset kripto untuk berbelanja di jutaan merchant PayPal di banyak negara.

Sedangkan Square sendiri, selain gemar mengoleksi banyak Bitcoin, juga sangat fokus pada sektor crypto-based payment, yang jauh lebih unggul daripada PayPal, kendati ruang lingkup pasarnya masih kecil. [end]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait