Ebay dan Mastercard Hengkang dari Proyek Libra-Facebook

442

Ibarat perahu yang sedang karam, proyek “kripto Libra” yang dikomandoi oleh Facebook, ditinggalkan oleh sejumlah anggota pendirinya. Mereka sebelumnya tergabung di Libra Association yang didirikan di Swiss. Hengkangnya mereka menambah runyam proyek “stablecoin” yang ambisius ini.

Pada 11 Oktober, Bloomberg melaporkan bahwa Ebay dan Mastercard telah memutuskan untuk keluar dari proyek itu. Visa memutuskan untuk tidak bergabung dengan Libra Association, menurut The Block.


Kabar itu muncul satu minggu setelah PayPal mengumumkan menarik diri dari proyek itu, karena regulator terus menerus menyoroti proyek tersebut. DPR AS misalnya menilai proyek tersebut mengancam sistem keuangan Amerika Serikat.

Kendati undur diri, perusahaan-perusahaan tetap menaruh rasa hormat terhadap visi Facebook pada proyek itu, sembari melihat peluang lain untuk terus dilanjutkan.

Sebelumnya tersiar kabar bahwa Visa, Mastercard, dan Stripe berusaha memastikan bahwa proyek itu tidak merusak hubungan mereka dengan regulator di Amerika Serikat. Mereka mengisyaratkan bahwa Facebook telah melebih-lebihkan klaim bahwa regulator merasa nyaman dengan Libra, sehingga mungkin tak ada masalah berarti.

Stripe awalnya membantah sedang mempertimbangkan putar balik, tetapi mengatakan hari ini dalam sebuah pernyataan tetap di Libra Association.

BERITA TERKAIT  Proyek "Stablecoin Libra" Berlanjut, Tapi..
Anggota pendiri Libra Association.

“Stripe mendukung proyek yang bertujuan untuk membuat perdagangan daring lebih mudah diakses oleh orang-orang di seluruh dunia. Libra memiliki potensi ini. Kami akan mengikuti kemajuannya dengan cermat dan tetap terbuka untuk bekerja dengan Libra Association di tahap selanjutnya,” kata Stripe.

Sementara itu, Brian Armstrong, CEO dan Pendiri Coinbase, baru-baru ini mengatakan bahwa ia percaya bahwa cara pemerintah AS memblokir Libra mungkin bisa menghambat inovasi AS di bidang keuangan.

“Cara bagi negara untuk tetap relevan dalam jangka panjang dan terus memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi adalah berinvestasi dalam sains, teknologi dan inovasi. Jika pemerintah dapat membantu, maka akan lebih baik,” kata Armstrong. Coinbase juga tercatat sebagai anggota pendiri asosiasi itu.

Libra juga mendapatkan kecaman dari Jerman dan Perancis, tetapi mendapat dukungan dari Bank Sentral Inggris dalam konteks inovasi keuangan dan mengantisipasi ketidakpastian Brexit.

BERITA TERKAIT  GlobalCoin Facebook Didukung Perusahaan Raksasa

Libra Association adalah lembaga nirlaba yang didirikan di Jenewa, Swiss, di mana anggotanya bermarkas di negara yang berbeda-beda. Dalam whitepaper disebutkan anggota Libra Association adalah: Mastercard, PayPal, PayU (terafiliasi dengan Naspers), Stripe, Visa, Booking Holdings, eBay, Facebook/Calibra, Farfetch, Lyft, Mercado Pago, Spotify AB, Uber Technologies, Inc., Iliad, Vodafone Group, Anchorage, Bison Trails, Coinbase, Inc., Xapo Holdings Limited, Andreessen Horowitz, Breakthrough Initiatives, Ribbit Capital, Thrive Capital, Union Square Ventures, Nonprofit, Creative Destruction Lab, Kiva, Mercy Corps, dan Women’s World Banking.

Bos Besar Facebook Mark Zuckerberg juga dijadwalkan bertemu dengan DPR Amerika Serikat untuk membincangkan persoalan Libra ini. Jikalau Zuckerberg hadir, maka ini adalah kemunculan pertama Zuckerberg ke publik sejak proyek Libra itu diumumkan.  [Cointelegraph/Red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO