El Salvador Belum Siap Luncurkan Obligasi Bitcoin

Menteri Keuangan El Salvador, Alejandro Zelaya, berkata negara tersebut belum siap meluncurkan obligasi Bitcoin (BTC) senilai US$1 milyar. Ia menyampaikan hal tersebut melalui acara berita televisi nasional yang tayang pada Rabu (01/06/2022).

Menurut Zelaya, saat ini bukan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk obligasi itu. Pasalnya, pasar aset kripto sedang lesu dan terjadi konflik Rusia Ukraina.

Obligasi Bitcoin (BTC) dari El Salvador Belum Siap

Obligasi Bitcoin senilai US$1 milyar tersebut direncanakan meluncur antara 15 dan 20 Maret 2022. Tetapi pada 22 Maret, Zelaya menjelaskan El Salvador masih menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkan obligasi, terutama dengan adanya perang.

Pemerintah El Salvador belum merampungkan legislasi terkait kerangka kerja regulasi aset digital.

Sejumlah ekonom mengutarakan kekhawatiran soal ketidakmampuan El Salvador membayar kewajiban keuangannya, termasuk obligasi sebesar US$800 juta yang akan jatuh tempo pada Januari mendatang.

Ekonom Institut Kajian Fiskal Amerika Tengah (ICEFI) Ricardo Castaneda berkata El Salvador tidak dijamin akan mendapat dana tersebut.

“Saya memperkirakan El Salvador membutuhkan sekitar US$3 milyar untuk melunasi kewajiban, berdasarkan selisih antara pemasukan dan pengeluaran sampai tahun 2024,” jelas Castaneda kepada The Block Crypto.

Zelaya menjelaskan, El Salvador sedang berdiskusi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dan akan ada pengumuman baru terkait hal ini dalam waktu dekat.

Sejumlah analis mempertanyakan strategi El Salvador yang terus membeli Bitcoin, mengingat harga BTC mengalami penurunan tajam akhir-akhir ini.

El Salvador diperkirakan mengalami kerugian lebih dari US$35 juta dari investasi Bitcoin berdasarkan harga saat ini dan harga saat pembelian.

Negara tersebut melakukan pembelian 500 BTC pada 9 Mei 2022 lalu saat harga BTC turun, sehingga total pembelian El Salvador telah mencapai 2.301 BTC.

Mekanisme transaksi Bitcoin El Salvador belum jelas. Ketika ditanya apakah pemerintah telah menjual Bitcoin, Zelaya berkata sebagian Bitcoin dijual untuk mendanai rumah sakit hewan Chivo Pets.

Presiden Nayib Bukele berkata proyek rumah sakit hewan itu mendapat pendanaan sebesar US$4 juta dari surplus fluktuasi harga Bitcoin.

Zelaya menyoroti peran trust fund Bitcoin milik El Salvador yang membantu negara itu menyimpan BTC dan USD pada saat bersamaan.

Ia menambahkan, El Salvador terus menyimpan Bitcoin. Ia berkata saat ini, pemerintah tidak menjual BTC yang telah dibeli. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait