spot_img
spot_img

ETF Bitcoin Berjangka Mulai Diperdagangkan Pekan Depan di AS?

ETF Bitcoin Berjangka disebut-sebut mulai diperdagangkan di bursa efek di AS, mulai pekan depan. Berikut fakta-faktanya.

1. Sumber anonim Bloomberg hari ini mengungkapkan bahwa ETF (exchange-traded fund) Bitcoin Berjangka akan mulai diperdagangkan di bursa efek di Amerika Serikat mulai pekan depan.

2. Sebelumnya, peneliti CFRA yakin produk investasi ber-underlying asset Bitcoin Berjangka itu justru akan disetujui pada tahun depan, bukan bulan ini, sebagaimana yang diyakini oleh Analis Bloomberg Intelligence.

3. Sejumlah pengamat menilai ETF Bitcoin akan merugikan investor retail. Ada pula celah trik yang selama ini diduga dimanfaatkan oleh whale, akan semakin marak.

ETF Bitcoin Berjangka
Harga Bitcoin melonjak 5 persen sejak Jumat pagi (15/10/2021), dari US$57.134 ke US$59.995. Sumber: TradingView.com.

5. Namun harus diakui, bahwa ETF Bitcoin akan menambah arus masuk kapital ke pasar Bitcoin, khususnya lewat Bitcoin Berjangka yang nilainya berdasarkan dinamika di pasar spot.

6. Sebelumnya ETF Bitcoin sudah ada di Kanada, yang bernilai Bitcoin pasar spot. Itulah ETF Bitcoin pertama di dunia yang pada saat diluncurkan Januari 2021 disambut pasar dengan sangat antusias.

7. SEC sebelum dipimpin oleh Gery Gensler menolak belasan proposal ETF Bitcoin. Tapi, pada Agustus dan September, Gensler malah memberikan lampu hijau. Gensler juga memastikan pihaknya tidak melarang industri terkait kripto, melainkan diserahkan kepada otoritas kongres. Hal senada ditegaskan oleh The Fed, mengambil posisi berseberangan dengan Bank Sentral Tiongkok.

8. Dinamika yang dianggap positif ini selaras dengan peralihan hashrate Bitcoin mining secara besar-besaran ke AS, pasca Tiongkok membumihanguskan industri tambang Bitcoin di negeri itu.

ETF Bitcoin Bisa Rugikan Investor Retail?

ETF Bitcoin di AS yang sangat dinantikan, disebutkan oleh analis kripto Willy Woo dapat menyengsarakan investor ritel, sebab hanya memberikan keuntungan bagi investor institusi, seperti hedge fund. Ada 5 modus manipulasi yang bisa dilakukan.

Melalui akun Twitter-nya, Woo mencuit, bahwa jika Bitcoin ETF berjangka disetujui, hal itu akan menjadi cara yang mahal untuk menyimpan BTC.

“ETF itu secara efektif memberikan penyimpanan Bitcoin ke hedge fund melalui rantai insentif keuntungan,” ujarnya.

Trik Manipulasi Pasar

Sejumlah modus dan trik para pemain besar, bisa berlangsung seperti ini:

Pertama, Whales membeli Bitcoin dalam jumlah banyak di bursa kripto biasa (spot market) melalui mekanisme OTC (Over The Counter). Cara ini memungkinkan berlangsung secara anonim dengan harga dan biaya yang lebih murah.

Kedua, Memasang posisi short di bursa berjangka di CME.

Ketiga, Menjual Bitcoin di bursa spot.

Keempat, Harga Bitcoin secara umum turun.

Kelima, Ini yang membuat pemilik kontrak Bitcoin di bursa berjangka terbanyak mendulang keuntungan, karena sebelumnya sudah memasang posisi short.

Ketua SEC Gary Gensler memberikan dukungan bagi Bitcoin ETF berjangka yang menyediakan perlindungan investor, seperti yang tertera di Undang-undang Perusahaan Investasi tahun 1940. Pejabat lama sebelumnya enggan menyetujui, karena dinilai akan rawan manipulasi.

Ini yang Mungkin Diloloskan

Berdasarkan catatan Bloomberg dan NYDIG pekan lalu, ada beberapa proposal yang akan disetujui pada tahun ini atau tahun depan. Tanggal terdekat adalah 18 Oktober 2021, yakni ETF Proshares.

Berikut sejumlah proposal Bitcoin ETF (ber-underlying asset Bitcoin Futures) yang mungkin akan disetujui oleh SEC dalam waktu dekat, berikut prakiraan tanggal berlaku efektifnya:

  • Proshare Bitcoin Strategy ETF [18/10/2021]
  • Invesco Bitcoin Strategy ETF [18/10/2021]
  • VanEck Bitcoin Strategy ETF [23/10/2021]
  • Valkyrie Bitcoin Strategy ETF [23/10/2021]
  • Galaxy ETF Trust [31/10/2021]
  • Global X Blockchain & Bitcoin Strategy ETF [11/2/2022]
  • AdvisoryShares Manages Bitcoin ETF [11/3/2022]

[ps]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait