spot_img
spot_img

Ethereum Berpotensi Membalik Kapitalisasi Pasar Bitcoin

Pembaruan London Ethereum terus membawa pandangan positif bagi kriptonya, Ether. Yang terbaru, pandangan dari CEO perusahaan analitik kripto telah melihat adanya potensi bagi Ether untuk membalik kapitalisasi pasar Bitcoin.

Ethereum dan Kapitalisasi Pasar Bitcoin 

CEO CryptoQuant, Ki Young Ju, percaya bahwa Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559 akan menjadi “pengubah permainan” dan dapat membantu Ether melampaui kapitalisasi pasar Bitcoin dalam jangka panjang.

EIP 1559 telah membawa perubahan yang besar pada Ethereum dengan menghadirkan mekanisme pembakaran (burning). Ini akan menghanguskan biaya dasar yang harus dibayar dalam transaksi, alih-alih diberikan kepada para penambang.

Tentu saja, mekanisme ini akan membuat Ether menjadi aset kripto yang anti inflasi.

Selain itu, Ki Young Ju mencatat bahwa menurunkan biaya transaksi pada Ethereum dapat memecahkan trilemma blockchain dengan meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi.

Menurutnya, layanan keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan pasar token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) masih berjalan dengan biaya tinggi yang tidak masuk akal.

Young Ju pun berpendapat, biaya transaksi yang rendah akan dapat meningkatkan aktivitas jaringan. Ini tentu saja akan mengangkat harga Ether yang terlibat di dalamnya.

“Saya pikir Ethereum mungkin membalikkan kapitalisasi pasar Bitcoin dalam jangka panjang, tetapi tidak tahun ini. Bull run ini didorong oleh narasi lembaga yang datang ke pasar kripto. Tren ini mungkin bertahan hingga tahun depan. Tanpa permintaan institusional, Ethereum tidak dapat membalikkan kapitalisasi pasar BTC,” ujar Young Ju, dilansir dari Crypto Globe, Sabtu (7/8/2021).

Awal tahun ini, Young Ju telah bertemu dengan Goldman Sachs, Fidelity, dan perusahaan manajemen aset institusional lainnya. Disitu terungkap bahwa mereka mengalami kesulitan untuk menjelaskan apa itu Ethereum dan keuangan terdesentralisasi.

Sang CEO pun menyimpulkan, ini akan memakan waktu beberapa tahun untuk membangun adopsi institusional untuk proyek Ethereum dan DeFi.

Sama seperti analis Bloomberg, Young Ju secara tidak ragu percaya bahwa Bitcoin akan mencapai US$100.000 tahun ini, atau setidaknya pada awal tahun 2022 mendatang.

Kepercayaan diri tersebut sepertinya berasal dari meningkatnya pembelian whale dan institusi ke pasar kripto, khususnya Bitcoin.

Tentu saja, hal tersebut akan memicu terciptanya level tertinggi baru. Semoga saja, ATH tahun ini kembali tercapai. [st]

 

 

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait