Fakta! 3 Ribu ATM Bitcoin Dipasang di Seluruh Dunia

Seiring aset kripto menjadi kian mainstream, sektor kripto memasang infrastruktur untuk memfasilitasi transaksi, terutama ATM Bitcoin (BTC).

Kendati pasar aset kripto saat ini sedang mengalami tren menurun, hal tersebut tidak mencegah maraknya instalasi ATM Bitcoin di seluruh dunia. Jumlah mesin ATM BTC terus bertambah.

Menurut data Finbold, jumlah ATM BTC di dunia telah mencapai 34.340 buah pada 1 Januari 2022. Data Coin ATM Radar menunjukkan, angka tersebut telah bertambah sebesar hampir tiga ribu sejak tanggal itu. Per 10 Mei 2022, sudah terpasang 37.338 unit.

Total 2.998 ATM BTC dipasang sejak awal tahun 2022, dengan rata-rata 23 pemasangan setiap harinya. Mengingat Coin ATM Radar tidak melacak semua ATM Bitcoin di dunia, angka pemasangan ATM BTC bisa jadi lebih besar lagi.

Sebagai perbandingan, studi lain dari Finbold menemukan sekitar 20 ribu ATM Bitcoin baru dipasang pada tahun 2021 dengan rata-rata 50 mesin baru diaktivasi setiap harinya.

Jumlah ATM Bitcoin operasional yang semakin bertambah menandakan mesin-mesin ini kian signifikan seiring aset kripto diterima secara luas di beragam negara. Amerika Serikat khususnya mengalami pemasangan ATM BTC paling banyak.

ATM Bitcoin populer di kalangan investor kripto yang ingin memiliki BTC tanpa harus melalui prosedur KYC (know your customer) yang memakan waktu lama tetapi menjadi syarat di berbagai platform perdagangan kripto.

Selain itu, ATM kian digunakan untuk membantu pembayaran dalam BTC. Banyak usaha-usaha yang menempatkan diri untuk menuai untung dari kripto dengan cara menerima pembayaran dalam bentuk kripto.

BTC sebagai alat bayar diperkuat dengan penetapan BTC sebagai mata uang sah di El Salvador dan juga Republik Afrika Tengah akhir-akhir ini.

Beberapa bisnis tertentu mempromosikan ATM dua arah yang dilengkapi fungsi ganda. Fungsi ini membantu pelanggan membeli dan menjual kripto.

Permintaan bagi ATM dua arah tersebut meningkat akibat kapabilitas multifungsi yang tersedia pada mesin-mesin ATM tersebut.

Seperti sektor kripto secara keseluruhan, pasar ATM BTC mengalami transformasi seiring pembuat mesin mencari untung melalui kemudahan penggunaan mesin sebagai cara untuk meningkatkan cuan. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait