Fakta! Holder Crypto Sepanjang 2022 Mencapai 425 Juta, Bitcoin Tembus 219 Juta

Adopsi kripto sepanjang 2022 mencapai tonggak baru, dengan jumlah holder crypto mencapai 425 juta. Bahkan, jumlah pemilik Bitcoin sendiri telah mencapai 219 juta dan ETH sekitar 87 juta.

Pada minggu lalu Crypto.com mempublikasikan laporan yang berjudul ukuran pasar kripto pada 2022 lalu. Perusahaan tersebut menjelaskan bahwa analisa ini dibangun berdasarkan gabungan antara data on-chain Bitcoin dan Ethereum dan beberapa data lainnya.

Peningkatan Holder Crypto Sepanjang 2022

Mengenai jumlah total pemilik kripto global, tim riset dan wawasan Crypto.com menulis bahwa terlepas dari hambatan makro seperti inflasi tinggi, konflik di Eropa, gangguan rantai pasokan, dan efek pandemi Covid-19 yang masih ada.

Adopsi kripto pada 2022 mencapai tonggak baru, dengan jumlah holder crypto mencapai 425 juta pada Desember 2022, dikutip dari News.Bitcoin.

IKLAN

Secara menyeluruh jumlah pemegang kripto tumbuh 39 persen dari 306 juta menjadi 425 juta sepanjang tahun tersebut.

Holder crypto Bitcoin (BTC) tumbuh sekitar 20 persen dari 183 juta pada Januari 2022 ke 219 juta pada akhir tahun 2022, terhitung 52 persen dari pemilik global.

Pertumbuhan terkuat untuk kepemilikan bitcoin pada tahun 2022 terjadi pada bulan April ketika Republik Afrika Tengah (CAR) menjadi negara kedua yang mengadopsi mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah setelah El Salvador.

Selain itu, bank investasi global Goldman Sachs menawarkan pinjaman pertama yang didukung BTC pada bulan yang sama menunjukkan “tanda-tanda lebih lanjut dari peningkatan minat pada crypto dari institusi Wall Street,” ujar tim peneliti Crypto.com.

IKLAN

Sementara itu, holder crypto Ethereum (ETH) tumbuh sebesar 263 persen dari 24 juta pada Januari menjadi 87 juta pada Desember, terhitung 20 persen ​​dari pemilik global,” tambahnya.

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa katalisator utama di balik tingkat pertumbuhan adopsi Ethereum yang tinggi adalah karena adanya penggabungan.

Selanjutnya, tim peneliti menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan bulanan Ethereum lebih tinggi daripada Bitcoin sepanjang tahun kecuali pada bulan April.

Perusahaan lain yang baru-baru ini memperkirakan jumlah pemilik kripto global adalah Triple A.

Perusahaan ini memberitahukan pada 2023, kami memperkirakan tingkat kepemilikan kripto global rata-rata 4,2 persen, dengan lebih dari 420 juta holder crypto di seluruh dunia. [az]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait