spot_img
spot_img

Federasi Catur Internasional Luncurkan Marketplace NFT

Federasi Catur Internasional (FIDE) akan meluncurkan marketplace NFT di blockchain Free TON yang gratis. Koleksi tersebut akan menampilkan momen-momen bersejarah dalam riwayat percaturan.

Menjelang Kejuaraan Dunia Federasi Catur Internasional yang diselenggarakan di Dubai bulan ini, FIDE mengumumkan kemitraan dengan TON Labs untuk meluncurkan marketplace NFT yang dikhususkan bagi olahraga catur.

Situs ChessNFT.com akan menampilkan karya seni dan kolektibel digital yang menangkap momen-momen ikonik dalam dunia catur.

Industri Catur Rangkul NFT 

Sebagai salah satu olahraga tertua yang masih dimainkan hingga kini, catur menjadi kembali popular sejak seri televisi The Queen’s Gambit yang diproduksi oleh Netflik pada tahun 2020 membuat catur ramai diperbincangkan.

Presiden FIDE, Arkady Dvorkovich, berkata FIDE telah memulai perjalanan penuh ambisi dalam bidang digitalisasi demi menghadirkan pengalaman dan peluang baru bagi pegiat catur di seluruh dunia.

“Kami senang menjalani langkah pertama menjadi marketplace NFT yang komprehensif, tepat waktu dengan kejuaraan dunia di Dubai,” tambah Dvorkovich.

Didirikan pada tahun 1924 di Paris, FIDE terdiri dari 195 asosiasi catur dari sekeliling dunia.

Free TON adalah turunan dari Telegram Open Network yang gagal meluncur. Aplikasi messenger Telegram yang populer terkena pengawasan ketat dari Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC) AS setelah lembaga pemerintah itu menyebut token GRAM sebagai sekuritas.

Kendati TON tidak berhasil melampaui tahap testnet, pada bulan Mei 2020, TON Labs membuat blockchain Free TON memakai kode open-source dari protokol TON original.

Pendiri dan CEO TON Labs, Alexander Filatov, berkata perpaduan olahraga catur yang klasik dan banyak dicintai dengan dunia blockchain serta kripto mampu menghadirkan catur di depan pikiran penggemar yang baru di sekeliling dunia.

Filatov melanjutkan, TON Labs dan FIDE akan membantu komunitas catur menjelajahi minat mereka dengan cara yang unik, digital dan desentralistik melalui NFT.

Kemitraan tersebut bukan pertama kalinya catur berpadu dengan kripto.

Pada tahun 2019, FIDE bermitra dengan Algorand untuk meluncurkan museum di kota Hamburg, Jerman yang menampilkan sejarah blockchain. Pada bulan yang sama, Catur Dunia meluncurkan token sekuritas bersama dengan Algorand. [decrypt.co/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait