Ganti Rugi 137 Ribu Bitcoin Korban MtGox Tertunda Hingga September

Jadwal ganti rugi Bitcoin MtGox yang direncanakan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus kembali tertunda hingga September. Penggantian rugi tersebut mencakup 137 ribu Bitcoin (BTC) milik mantan nasabah MtGox, platform perdagangan kripto yang diretas pada tahun 2014 silam.

Ganti Rugi Bitcoin MtGox Ditunda

Berkas publik terbaru yang diterbitkan melalui situs MtGox pada Rabu (31/08/2022) mengungkap bahwa Referensi Periode Pembatasan Penugasan telah diterima oleh persidangan.

Periode tersebut berawal pada 15 September mendatang dan berakhir pada waktu yang tidak ditentukan. Hal ini tidak berarti penggantian rugi akan mulai pada 15 September 2022.

Menurut akun Twitter bernama Django Bits, akun yang mengelola saluran komunikasi bagi kreditor MtGox melalui Telegram, proses penggantian rugi dapat berjalan pelan hingga membutuhkan waktu beberapa bulan bahkan tahun.

IKLAN

“Seperti yang telah dijelaskan, trustee belum siap melakukan ganti rugi. Akan ada proses KYC serta penjelasan tentang proses penggantian, pengumpulan data rekening bank dan sebagainya,” jelas Django Bits, dikutip dari Finbold.

Ia menambahkan, proses yang dilakukan trustee, yakni MtGox, berjalan pelan.

Isu tentang proses penggantian rugi kepada kreditor Mt. Gox menyebabkan investor mengamati saldo trustee dengan seksama. Diketahui, saldo yang berada dalam simpanan MtGox berjumlah 137.890 BTC.

Muncul spekulasi tentang dampak proses penggantian rugi tersebut terhadap pasar aset kripto. Sebab BTC sedang mengalami masa penuh pergulatan, investor khawatir para kreditor platform perdagangan itu akan menjual Bitcoin MtGox yang diperoleh dan mendorong pasar lebih anjlok lagi.

IKLAN

Kendati demikian, hal tersebut mungkin tidak akan terjadi. Pasalnya, ketika kreditor menyerahkan permintaan pendaftaran, mereka diberikan pilihan menerima BTC lebih awal dalam bentuk pembayaran lump sum.

Pilihan kedua adalah para kreditor menunggu penyelesaian proses persidangan dimana dana lebih banyak dapat tersedia untuk disebarkan.

Danny Devan, analis kripto, berkata proses penggantian rugi akan membutuhkan waktu beberapa bulan sehingga tidak menjadi ancaman terhadap harga BTC dalam waktu dekat.

“Ada banyak informasi palsu tentang isu penggantian rugi ini. Mt. Gox tidak akan merilis keseluruhan 137 ribu BTC tersebut besok, melainkan memulai proses penggantian rugi sehingga kreditor akan mulai menerima BTC mereka,” jelas Devan melalui Twitter. [ed]

IKLAN
spot_img

Terkini

Terkait