Gavin Andresen Jadi Ragu Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto si Pencipta Bitcoin

555

Gavin Andresen, salah seorang pengembang Bitcoin kini menjadi ragu, bahwa Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto. Padahal tahun 2016 silam, dia yakin benar, bahwa Pendiri nChai itu adalah benar si pencipta Bitcoin.

Keraguan itu disampaikan Andresen dalam kesaksiannya terkait persidangan kasus Craig Wright versus David Kleiman. Andresen malah merasa tertipu oleh klaim Wright di masa silam.

“Ada beberapa hal saya merasa ditipu oleh Wright. Dia bisa saja telah mengganti peranti lunak yang digunakan atau laptop yang ditunjukkannya kepada saya bukanlah laptop baru dan sudah diutak-atik,” jelas Andresen.



Selain itu, Andresen tidak mengira pendapatnya akan membuktikan kepada dunia, bahwa Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto. Ia mengira kesaksiannya sekadar untuk membuktikan kepada dirinya sendiri bahwa Wright adalah Nakamoto.

BERITA TERKAIT  Oscar Darmawan: Gegara DeFi, Aset Kripto ETH Naik 200 persen!

Andresen semakin ragu tentang klaim Wright itu, sebab bukti yang ia kaji berbeda dengan bukti yang kemudian diberikan kepada dunia.

Pengembang Bitcoin itu menambahkan dalam berkas kesaksian, ia tidak pernah lagi berkomunikasi dengan pencipta Bitcoin setelah, korespondensi surelnya dengan Nakamoto pada tahun 2010 dan 2011 lalu.

Kasus Wright-Kleiman menjadi drama aset kripto paling panas, sebab potensi dampaknya besar bagi masa depan Bitcoin. Bulan lalu, pengacara pihak Kleiman menemukan bukti baru yang memberatkan bagi Wright.

Mantan CEO Mt. Gox Mark Karpeles mengklaim Wright adalah “pencuri atau penipu.” Wright juga menuntut pendiri Bitcoin Foundation Roger Ver, setelah Ver menyebut Wright sebagai penipu pada tahun 2019.

Dalam kesaksiannya, Andresen berpendapat sama dengan Karples dan Ver. Ada banyak keraguan tentang apa yang dikatakan Wright apakah benar atau tidak. [cointelegraph.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO