spot_img
spot_img

Gegara Elon Musk, Dogecoin Sempat Salip Shiba Inu

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, tampaknya kembali aktif mencuit tentang Dogecoin (DOGE), aset kripto berbasis meme. Hal itu diduga mendorong harga DOGE naik 25 persen dalam kurun waktu 24 jam terakhir dan mencapai kapitalisasi pasar senilai US$39,1 milyar.

Cuitan Musk soal DOGE dilakukan sebagai tanggapan terhadap salah satu pencipta Dogecoin, yakni Billy Markus. Melalui media sosial, Markus berkata tidak ada janji dalam industri kripto, kecuali janji penipu.

Ia menambahkan, “Orang yang berkata jujur akan memberitahu kripto penuh resiko, dan keuntungan diraih dari resiko yang diambil orang lain. Kalau kamu kehilangan uang, kamu membayar resiko orang lain. Itu adalah pilihan.”

CEO Tesla tersebut menanggapi sambil merujuk kepada penipuan berkedok kripto yang marak beredar di situs media sosial, dimana korban diiming-imingi dengan hadiah palsu.

“Kalau saya kirim 2 DOGE ke kamu, kamu janji akan kirim 1 DOGE ke saya?” balas Musk.

Cuitan Musk tampaknya membakar reli DOGE. Aset kripto ini sempat meledak 10 ribu persen pada awal tahun 2021 ketika penelusuran kata kunci terkait Dogecoin di Google meroket.

Selain Doge, kata kunci kripto terbesar ketiga yang paling banyak ditelusuri di Google adalah Shiba Inu (SHIB), pesaing Dogecoin yang juga diciptakan berbasis meme.

Studi menunjukkan Shiba Inu kini menarik rata-rata 2,8 juta penelusuran per bulan tahun ini, sedangkan Bitcoin menerima rata-rata penelusuran 22 juta per bulan. Posisi kedua diraih oleh Ethereum, dengan rata-rata penelusuran 6,3 juta per bulan.

Kapitalisasi pasar SHIB saat ini adalah US$39,87 milyar, menjadikannya aset kripto kesembilan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. DOGE sempat menyalip SHIB sesaat, tetapi kini kembali berada di posisi ke-10 dengan kapitalisasi pasar US$38,96 milyar.

Kanal berita CryptoGlobe melaporkan, Scott Minerd, Chief Investment Officer Guggenheim Partners, perusahaan pengelola aset dengan total aset dikelola sebanyak US$233 milyar, merasa menyesal tidak berinvestasi di Shiba Inu sebelum reli besar yang terjadi.

Sebelumnya, Musk menegaskan ia tidak memegang SHIB, tetapi memiliki Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan DOGE. [cryptoglobe.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait