spot_img
spot_img

Gegara Kripto Panas, Facebook Lirik Cuan di NFT

Seiring Facebook menyelesaikan pengembangan dompet kripto ciptaannya, Novi, raksasa media sosial tersebut dikabarkan akan segera mendukung NFT.

David Marcus, kepala Facebook Financial dan salah satu pencipta kripto Diem besutan Facebook, berkata pada Rabu (25/08/2021) bahwa perusahaan itu pasti sedang melirik berbagai peluang agar terlibat di industri NFT.

Facebook Melirik NFT 

Dalam wawancara dengan Bloomberg Television, Marcus berkata Facebook mempertimbangkan sejumlah opsi untuk memperkenalkan fitur-fitur NFT sebab berada pada posisi baik untuk hal itu.

“Ketika kami memiliki dompet kripto yang bagus seperti Novi nantinya, kami juga harus berpikir tentang cara membantu konsumen mendukung NFT,” tambah Marcus.

Dompet Novi disebut akan bisa digunakan untuk menyimpan NFT setelah aktif nanti.

Soal berbagai layanan yang dibutuhkan ekosistem NFT, Marcus berkata, “Bila Anda adalah pencipta dan Anda menciptakan NFT, Anda mungkin ingin menyewakan NFT itu atau menjualnya. Anda harus menyimpan NFT tersebut.”

Ia menambahkan, dompet kripto Novi sudah siap untuk diluncurkan setelah pengembangan selama dua tahun. Kendati demikian, Facebook memutuskan menunda peluncurannya hingga perusahaan itu mendapat persetujuan dari regulator untuk meresmikan Diem.

Facebook mulai menggarap uang digital Diem dua tahun lalu yang dahulu dinamai Libra. Marcus menjelaskan, raksasa sosial media itu mempertimbangkan untuk meluncurkan Novi tanpa Diem sebagai langkah terakhir, tetapi ia percaya kedua proyek ini sama-sama penting agar Diem sukses.

Facebook merilis white paper bagi aset kripto Libra pada bulan Juni 2019 dengan rencana awal mematok nilai aset itu ke sekumpulan uang digital termasuk dolar AS, euro, yen Jepang, pound Inggris dan dolar Singapore.

Tetapi, akibat desakan dari regulator global, Asosiasi Libra kesulitan meluncurkan stablecoin itu. Akhirnya, Asosiasi Libra berganti nama menjadi Asosiasi Diem, dompet Calibra berubah menjadi Novi, dan stablecoin Facebook dirancang ulang agar dipatok terhadap dolar AS saja dan diawasi oleh pemerintah AS.

Menanggapi perlawanan dari regulator terhadap keterlibatan Facebook dalam industri keuangan, Marcus menyebut hal itu sebagai tidak bersifat Amerika. Ia berpendapat Facebook memang tidak langsung layak dipercaya rakyat, tetapi ia yakin layak mendapat peluang untuk menerima kepercayaan dari rakyat. [cointelegraph.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait