Gelombang Sasha Ivanov, Sang Nakhoda Waves

111
IKLAN

Di kesehariannya, komunitas kripto mengenal istilah “Altseason”. Ini adalah sebutan ketika altcoin (kripto selain Bitcoin) mengalami peningkatan harga gila-gilaan. Setelah hampir setahun terus terpuruk semakin anjlok, tampaknya harga kripto altcoins kini mulai bergairah kembali. Salah satu kripto yang memimpin altseason di penghujung tahun 2018 ini adalah Waves.

Dalam sebulan terakhir, harga Waves meloncat harganya dari US$1,04 (21 November 2018) menjadi US$4,51 pada Kamis kemarin, atau naik lebih dari 300 persen. Salah satu faktor di balik “anomali” tersebut mungkin disebabkan pengumuman proyek Vostok yang menerima pendanaan senilai US$120 juta untuk pengembangan blockchain Waves versi privat yang diperuntukkan bagi perusahaan dan pemerintah.

Vostok adalah proyek terbaru besutan Alexander “Sasha” Ivanov, yang juga pendiri dan CEO Waves Platform. Sosok pria kelahiran Ukraina ini ternama, sebab telah melahirkan berbagai proyek blockchain yang terbilang sukses dan mendapat perhatian banyak orang.

Setelah lulus dari program pascasarjana Universitas Leipzig, Ivanov membangun namanya sebagai seorang teknopreneur di mana ia membantu beragam bisnis, bank dan layanan publik berkembang dengan menggunakan mekanisme pembayaran elektronik.

Ivanov mendalami bidang pengembangan peranti lunak untuk sistem pembayaran elektronik serta jaringan saraf tiruan untuk prediksi pasar keuangan. Usahanya di industri blockchain berawal setelah Bitcoin diciptakan, ketika Ivanov mendirikan Intelligence Unitrade pada tahun 2009. Melalui usaha tersebut, ia meluncurkan berbagai macam proyek kripto.

Proyek-proyek kripto Ivanov termasuk Coinomat, sebuah layanan pertukaran instan kripto dan fiat; Coinoindex, sebuah indeks bursa kripto; CoinoUSD, kripto yang terpaut dengan USD, dan Crypto Asset Fund, sebuah dana privat dengan total investasi US$200 ribu.

Setelah malang melintang di dunia kripto, pada tahun 2016 Ivanov meluncurkan proyek terbesarnya, yaitu Waves, sebuah platform blockchain untuk menerbitkan dan menjual aset digital. Ivanov terinspirasi dari blockchain NXT, sebuah infrastruktur desentralistik yang bisa mencetak token kriptografisnya sendiri.

Nama Waves dipilih oleh Ivanov untuk melambangkan latarbelakangnya sebagai seorang ilmuwan fisika, sekaligus merujuk kepada gelombang gravitasi yang ditemukan baru-baru ini tetapi telah lama diperkirakan oleh Einstein satu abad yang lalu.

Waves menggelar ICO pada Juni 2016 silam dan berhasil menggalang dana senilai 30 ribu BTC atau sekitar US$16 juta pada saat itu. Jumlah ini merupakan ICO terbesar kedua setelah Ethereum yang melahirkan proyek blockchain sukses. Pada Desember 2017, total kapitalisasi pasar Waves mencapai US$1,7 miliar.

Waves diklaim sebagai blockchain tercepat di dunia, dan merupakan ekosistem yang beranggotakan bisnis, layanan dan komunitas yang memanfaatkan teknologi mutakhir Waves. Jaringan Waves meliputi 210 node di 25 negara, dan komunitas globalnya terdiri dari lebih dari 300 ribu pengguna aktif serta terus bertambah. Proyek kripto ini juga telah menjalin beragam kemitraan dengan berbagai organisasi internasional ternama.

Tidak puas dengan keberhasilan Waves, Ivanov membangun proyek blockchain lainnya, yaitu Primal Base, sebuah proyek properti berbasis blockchain dengan kapitalisasi pasar senilai US$4,5 juta pada Maret 2018.

Selain itu, Ivanov juga memulai proyek Vostok untuk menciptakan solusi blockchain pertama yang bisa digunakan untuk meningkatkan skalabilitas infrastruktur digital demi membantu aksesibilitas blockchain secara global.

Vostok terdiri dari dua elemen, yaitu inovasi teknologi fundamental dalam bentuk platform blockchain privat, serta integrator sistem Vostok yang memfasilitasi pengelolaan, pengembangan dan optimasi. Tujuan proyek ini adalah membangun fondasi infrastruktur digital untuk sertifikasi, registrasi dan pelacakan data serta untuk mempermudah penggunaan blockchain di kalangan pebisnis dan pejabat publik.

Selain proyek blockchain yang ia tangani sendiri, Ivanov juga merupakan penasihat bagi sejumlah proyek blockchain lainnya, termasuk Tradingene, BANKEX dan Cindicator. Mengingat rekam jejak Ivanov yang terbilang sukses, tampaknya para investor menunjukkan sentimen positif terhadap Waves dan Vostok sehingga harga kripto tersebut melambung to the moon. [ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini