spot_img
spot_img

Gemini Hadirkan Asuransi Investasi Kripto

Gemini, bursa kripto besutan Winklevoss bersaudara, mengumumkan melalui rilis pers minggu ini, mereka bermitra dengan Aon untuk menyediakan pertanggungan asuransi bagi aset digital yang disimpan di layanan kustodi Gemini, seperti dilansir CCN, Sabtu (06/10).

“Konsumen mencari perlindungan asuransi di tingkat yang sama seperti yang ada di institusi keuangan tradisional. Mendidik pemberi asuransi tidak hanya berarti kami bisa memberikan proteksi bagi pelanggan kami, tetapi juga menetapkan standar perlindungan konsumen di industri kripto,” kata Yusuf Hussain, salah seorang pemimpin divisi di Gemini.

Baru-baru ini Gemini mendapatkan banyak perhatian berkat peluncuran produk dan layanan baru. Bursa tersebut merilis stablecoin baru (Dolar Gemini) yang diklaim lebih transparan dan dapat diaudit dibanding stablecoin lain. Selain itu, saudara kembar Winklevoss sangat aktif membawa kripto ke Nasdaq dan “mendidik” kalangan Wall Street.

Penambahan layanan kustodi ditanggung asuransi tersebut menandakan tren bahwa Gemini fokus menambahkan layanan yang membuat industri perdagangan kripto semakin “sah”. Perkembangan Gemini terpusat pada fitur-fitur yang konsisten dengan institusi keuangan tradisional.

Walau keamanan yang mendukung layanan kustodi kripto semakin maju, seperti fitur multi-signature, bursa-bursa kripto masih ingin memberikan jaminan dengan menghadirkan asuransi bagi aset digital. Perlindungan asuransi sangat dicari di kala peretasan bursa kripto masih sering terjadi. Seperti dilaporkan CCN, penyedia asuransi bisa menang banyak, dan beberapa perusahaan menawarkan paket kripto secara spesifik.

Gemini menulis dalam blog-nya, “Hal ini sesuai dengan misi kami membangun masa depan uang. Kami berkomitmen menyediakan platform yang aman untuk membeli, menjual dan menyimpan aset digital pelanggan. Pertanggungan asuransi baru ini melengkapi asuransi FDIC (Federal Deposit Insurance Corporation) yang sudah bisa diakses oleh pelanggan menggunakan deposit USD.”

Di sisi lain, sejumlah pihak berpendapat hal ini bertentangan dengan prinsip uang peer-to-peer yang terdesentralisasi. Tapi di kala pasar kripto semakin terbuka bagi investor institusi, bursa-bursa kripto tidak ingin memberikan celah sedikitpun yang bisa mengakibatkan peretasan atau pelanggaran regulasi.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang terjun ke industri aset digital, tetapi sebagian besar masih ragu bergabung, sebab peretasan dan praktik bisnis tidak jelas yang dilakukan bursa kripto.

Kendati demikian, Winklevoss bersaudara mampu menenangkan kekhawatiran tersebut. Gemini menulis, “Kami berhasil menunjukkan kepada para penyedia asuransi bahwa Gemini, perusahaan terpercaya berbasis di New York, memang betul bursa dan kustodian yang aman dan terjamin di mana pelanggan bisa membeli, menjual dan menyimpan aset digital secara teregulasi dan taat hukum.” [ed]

 

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait