Glassnode: Akhir Bearish Kripto Sudah Dekat, Whale Bitcoin Siap Serok

Data terbaru dari Glassnode mengungkapkan bahwa Bitcoin (BTC) tengah membentuk harga bawah di tingkat kritis US$20 ribu. Hal itu menandakan akhir bearish kripto sudah dekat.

Setelah menyentuh harga US$19 ribu, BTC menguat dan melampaui resistance level di harga US$23 ribu. Banyak analis meyakini hal tersebut memicu reli jangka pendek bagi BTC.

Akhir Bearish Pasar Kripto Sudah Dekat

Laporan Glassnode menyatakan, data on-chain menunjukkan unrealized loss mencapai level yang mengindikasikan bearish kripto akan berakhir, Crypto Potato melansir.

Menurut Glassnode, BTC berada di tren bearish ketika diperdagangkan di bawah realized price. BTC berada di bawah realized price selama 157 hari pada tahun 2011 hingga 2012.

IKLAN

BTC berada dalam kondisi serupa selama 301 hari pada tahun 2014-2015 dan 301 hari pada tahun 2018. Di tahun ini, BTC berada di bawah realized price hanya selama 35 hari.

Ukuran lain yang menunjukkan kekuatan BTC adalah unrealized loss. Indikator ini memperlihatkan tingkat keparahan kejatuhan pasar sekaligus persentase investor yang merugi.

Selama keruntuhan pasar kripto pada bulan Mei dan Juli, unrealized loss mencapai angka US$165 milyar hingga US$198 milyar, hampir 55 persen kapitalisasi pasar BTC.

Unrealized loss berada di atas level ketika pasar kripto jatuh di tahun 2020 tetapi masih di bawah level bear market pada tahun 2018. Hal ini berarti harga bawah sudah terbentuk.

IKLAN

Pada siklus sebelumnya, pertanda pemulihan pasar disertai meningkatnya jumlah investor jangka pendek yang menuai untung. Ketika BTC berada di harga bawah, tidak ada investor jangka pendek yang berada di posisi untung.

Berdasarkan bear market di masa lalu, peristiwa kejatuhan dalam harus terjadi untuk membuat tekanan jual berkurang. Peristiwa tersebut terjadi saat Terra (LUNA) runtuh dan memicu kerugian mencapai US$27,7 milyar dan US$35,5 milyar dalam waktu 30 hari.

Menurut Glassnode, kondisi ini berarti BTC berada dalam zona akumulasi yang dapat disusul oleh pemulihan pasar dengan pesat.

Laporan terbaru dari Grayscale Investments membandingkan bear market saat ini dengan bear market di masa lalu. Perusahaan tersebut menyimpulkan tren bearish kripto dapat bertahan selama delapan bulan ke depan sesuai dengan pola yang terjadi di masa lalu.

IKLAN

Grayscale meyakini saat ini merupakan peluang terbaik untuk membeli. Pengelola aset tersebut menambahkan, terlepas dari tingkat keparahan masing-masing bear market, industri kripto selalu pulih dan menjadi lebih kuat dibanding sebelumnya. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait