spot_img
spot_img

Google dan ConsenSys Sokong Platform Berita WordPress

Sejumlah perusahaan di industri media dan perusahaan rintisan blockchain bekerjasama untuk mengembangkan platform publikasi open-source canggih yang bisa menghasilkan pendapatan bagi organisasi berita.

Proyek yang disebut Newspack, besutan WordPress.com itu akan dikembangkan menggunakan cloud platform WordPress.com dan menerapkan beragam praktik terbaik di industri media digital.

Automattic, induk perusahaan WordPress.com, beserta mitranya Spirited Media dan News Revenue Hub telah menerima pendanaan senilai US$2,4 juta untuk operasional tahun pertama proyek tersebut.

Newspack juga mendapatkan sokongan dari Google yang telah menanam modal US$1,2 juta ke dalam proyek ini melalui Google News Initiative. Selain itu, Lenfest Institute for Journalism memberikan US$400 ribu dan Yayasan John S and James L. Knight menanam US$250 ribu. ConsenSys, perusahaan yang mendukung berdirinya startup blockchain jurnalisme Civil, ikut mengurun dana sebesar US$350 ribu. Menurut pengumuman dari situs resmi Newspack, dana tambahan sebesar US$200 akan diterima dari investor kelima pada akhir bulan ini.

Newspack dibuat sebagai tanggapan terhadap kurangnya solusi hemat biaya yang menyediakan dukungan teknologi, sehingga organisasi berita bisa membangun bisnis dan fokus menghasilkan berita bagi komunitasnya. Hal ini mengakibatkan startup berita skala kecil mesti berhadapan dengan kerumitan pemilihan dan pengembangan teknologi, perawatan, hosting dan masalah keamanan yang semuanya bisa menghambat peraihan pendapatan yang efektif.

Newspack besutan WordPress.com akan menjawab permasalahan tersebut dan membantu penerbit media digital untuk segera memakai platform itu, sehingga mereka memiliki sistem yang mudah dan hemat dipakai untuk membantu urusan editorial dan teknologi.

“Organisasi berita lokal kesulitan menemukan model bisnis yang sesuai untuk jurnalisme. Hal ini menyebabkan krisis yang berdampak nyata terhadap demokrasi,” ucap Kinsey Wilson, Presiden WordPress.com dan mantan eksekutif senior di National Public Radio (NPR) dan New York Times.

Wilson menjelaskan, WordPress.com bermitra dengan pemimpin industri untuk menggabungkan keahlian teknologi, media dan bisnis ke dalam platform tunggal yang bisa digunakan bersama oleh organisasi berita di seluruh dunia.

Pengumuman dari situs Newspack menyebutkan, platform itu akan dilengkapi plugin untuk Civil, jaringan jurnalisme komunitas berbasis blockchain. Organisasi berita yang menggunakan Newspack bisa bergabung ke jaringan jurnalisme yang dikelola Civil serta mengarsip konten dalam penyimpanan yang terdesentralisasi dan tidak bisa dirusak.

Versi beta Newspack akan diluncurkan pada akhir Juli 2019. Para mitra proyek ini menargetkan untuk memperluas Newspack hingga mendukung 60 situs berita di awal 2020.

“Organisasi berita lokal menghadapi berbagai tantangan, tetapi ada contoh kesuksesan juga. Namun, inovasi teknologi, fokus editorial dan monetisasi yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan itu berada jauh di luar jangkauan banyak organisasi berskala kecil. Dengan mendukung Newspack, kami ingin memberikan akses terhadap praktik terbaik industri kepada para penerbit media lokal,” pungkas Jim Albrecht, Direktur Produk Ekosistem Berita di Google. [tokenpost.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait