spot_img
spot_img

GPU AMD Navi 12, Kandidat Kuat Menambang ETH?

Kartu grafis dengan Graphics Processing Unit (GPU) AMD Navi 12 yang disematkan secara eksklusif di Apple Macbook Pro belum lama ini, disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menambang Ether (ETH). Apa benar?

Wacana soal itu digulirkan oleh Dave James, kontributor di situs ternama, PCGamer.com. Menurutnya, AMD Navi 12 berpotensi sebagai sebagai alat penambangan aset kripto pertama yang diluncurkan oleh AMD.

Faktanya, versi baru kartu itu tidak memiliki video output, yang berarti ia tidak digunakan khusus untuk kebutuhan gaming.

Navi 12 sejauh ini tersemat AMD Radeon Pro 5600M (eksklusif untuk Apple) dan Radeon Pro V520 (untuk rendering).

AMD Radeon Pro 5600M.

“Apa yang membuatnya tampak seperti kandidat yang sempurna untuk penambangan, karena tidak ada dukungan VCN (Video Core Next),” kata Dave.

US$3 Milyar ETH “Terkunci” di Ethereum 2.0

Navi 12, kata Dave satu-satunya yang memiliki chip RDNA 1 dengan HBM (memori bandwidth tinggi).

Radeon Pro V520.

Kemungkinan AMD Navi 12 dapat dipakai untuk menambang, menyusul kabar bahwa Nvidia baru-baru ini telah meluncurkan kartu grafis untuk menambang ETH (berkode CMP).

Namun, sulit memastikan akan berlanjut, di tengah-tengah perebutan pasar kartu grafis antara para gamer dan penambang.

Di satu sisi para penambang memerlukan kartu grafis yang berkinerja amat kencang, kendati mahal. Di sisi lain gamer sulit menemukan kartu grafis murah untuk menghilangkan dahaga gaming-nya. Terlebih-lebih pasokan chipset secara global mandek selama kurang lebih 6 bulan terakhir.

Nvidia sendiri memastikan bahwa kartu grafis khusus penambangan ETH itu tidak berarti GPU untuk gaming akan terhenti atau pasokannya malah berkurang.

Seri Nvidia CMP 90HX, 50HX, 40HX dan 30HX misalnya, saat ini masih jadi pilihan apik oleh para penambang.

Satu yang pasti adalah, produsen kartu grafis kian memahami perbedaan pasar antara gaming dan mining.

Kelak di masa depan, kartu grafis akan dibuat lebih spesifik lagi untuk penambangan, tanpa harus miner “mengoprek” kartu grafis yang memang khusus untuk gaming.

Menambang ETH saat ini memang masih diminati, kendati dalam 3 tahun ke depan, kartu grafis tak akan dibutuhkan lagi, mengingat Ethereum 2.0 akan sepenuhnya bersistem Proof-of-Stake.

Pengguna yang ingin berperan selayaknya penambang, cukup menyewa komputer cloud yang spesifikasi CPU dan RAM yang tinggi. Tak perlu kartu grafis yang kuat-kuat amat. Cukup sewa cloud dan simpanlah ETH sebanyak mungkin. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img

Terkait