Grafik Harga Bitcoin Sedang Membentuk Pola Sangat Penting dan Krusial

Grafik harga Bitcoin pada time frame harian saat ini sedang membentuk pola sangat penting, yakni kemungkinan besar “pennant“. Ada dua potensi dalam hal ini meroket ke atas atau menukik seperti pola serupa sebelumnya.

Hal itu disampaikan oleh trader kawakan, Peter Brandt di akun Twitter, Selasa (5/6/2022).

“Ketika ini kelihatannya akan membentuk pennant, maka itu adalah pennant khusus untuk BTC,” tulisnya singkat.

Pendapat tertulis Brandt memang agak kabur, namun jika mengacu pada cuplikan grafik harian harga Bitcoin, ia menyampaikan, bahwa pennant yang mungkin terbentuk adalah seperti bearish pennant sebelumnya, yang terjadi antara Mei dan Juni.

IKLAN

Ini yang sebelumnya membuat harga BTC sepanjang Juni adalah yang terparah sejak 12 bulan terakhir.

harga bitcoin

Pada pola pennant sebelumnya, BTC gagal menembus batas atas channel, sehingga membuat kripto itu jungkir balik di bawah US$20 ribu.

IKLAN

Apa Itu Pola Pennant pada grafik Harga Bitcoin?

Pola pennant adalah jenis pola candlestick kelanjutan yang terbentuk ketika ada pergerakan besar, yang juga dikenal sebagai flagpole, diikuti oleh periode konsolidasi dengan garis tren konvergen—pennant—diikuti oleh pergerakan breakout ke arah yang sama.

Lazimnya, pola ini terbentuk penuh dan terkonfirmasi, jika menembus ke atas atau ke bawah garis channel, mengalami periode konsolidasi, kemudian meneruskan trennya.

Sebelumnya Brandt memandang bahwa Bitcoin memang bukanlah aset yang baik sebagai store of value seperti emas untuk investasi. Baginya BTC adalah aset untuk spekulasi semata, karena sangat volatil.

Harga BTC selama sepekan terakhir juga semakin tertekan, akibat dolar AS yang menguat secara global. Itu dicerminkan oleh indeks dolar (DXY) yang mencapai 106, bilangan yang tertinggi sejak 2 Desember 2002 pada time frame mingguan.

TradingView Chart

 

Menguatnya dolar adalah dampak dari kebijakan kenaikan suku bunga oleh The Fed untuk melawan inflasi agar bisa mencapai 2 persen.

Analis lainnya menyebutkan, bahwa BTC bisa kembali ke US$23.000 lagi, jika bisa melampaui resisten US$20.300. Itu ia sampaikan hari ini di Twitter. Ketika artikel ditulis, harga BTC menguat tipis di kisaran US$20.200. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait