Gunakan Blockchain, Prancis Sukses Ujicoba Euro Digital

1316

Menggunakan teknologi blockchain, Bank Sentral Prancis akhirnya sukses mengujicoba transaksi mata uang digital euro. Ujicoba kali kedua itu berkat kerjasama bank sentral dengan Société Générale, bank investasi multinasional dan perusahaan jasa keuangan Prancis.

Ujicoba itu dilakukan dengan cara membeli surat utang negara (obligasi) senilai 40 juta euro menggunakan mata uang digital euro. Surat utang itu berwujud digital yang direpresentasikan oleh token khusus.

Proses ini disebut-sebut sebagai langkah baru Prancis, mengarah pada peluncuran mata uang digital bank sentral untuk komersial.

“Ujicoba itu sepenuhnya menggunakan infrastruktur teknologi blockchain. Ini menunjukkan adanya kelayakan penyelesaian digital (digital settlement) dari produk sekuritas keuangan dan pengirimannya dalam mata uang digital bank sentral (CBDC) antar bank,” kata juru bicara Société Générale.

Mata uang digital bank sentral adalah aset digital yang diterbitkan di blockchain, yang dikeluarkan oleh bank sentral, selayaknya uang kertas ataupun uang logam.

Karena penggunaan uang tunai terus menurun di seluruh dunia, sejumlah bank sentral di seluruh dunia banyak yang meneliti dan mengembangkan mata uang digital mereka sendiri.

Sedangkan mata uang digital bernilai uang fiat yang dibuat perusahaan swasta, sejak 2014 sudah diadopsi secara luas. [fr24news/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO