spot_img
spot_img

Guru Besar MIT: Blockchain untuk Ekonomi Tanpa Batas

Silvio Micali, Guru Besar Teknik di Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengatakan, pengembangan teknologi blockchain di skala global mampu membentuk “ekonomi tanpa batas” yang sesungguhnya.

Kata Micali kepada Bloomberg, Senin (21/01/2018), blockchain membutuhkan tiga sistem fungsi berkelanjutan agar teknologi ini mampu berdampak pada ekonomi inklusif global, yakni keamanan, desentralisasi dan skalabilitas (perluasan).

Ketika sebagian besar industri fokus pada pemanfaatan ini pada teknologi keuangan dan perbankan, Micali mengatakan teknologi blockchain menemukan potensi lebih besar di sektor keamanan, yang tidak ada sebelumnya di sistem desentralisasi tradisional.

Micali mencontohkan soal skalabilitas. Aspek ini bisa saja hanya sekadar fitur tambahan untuk meningkatkan teknologi yang ada sekarang, sebelum ia mampu mendominasinya di tataran yang lebih praktis.

“Hanya sistem desentralisasi murni yang mampu menangkal aksi peretasan yang besar, karena kekuasaan dibagikan kepada setiap partisipan di dalamnya. Inilah derajat keamanan yang benar-benar layak dan kita perlukan,” katanya. [bloomberg.com/vins]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait