spot_img
spot_img

Harga Aset Kripto Lemas, MoonXBT Berikan Solusi Jelas

Harga kripto saat ini masih lemas akibat aksi jual oleh kalangan retail, termasuk di Bitcoin (BTC). Di kala koreksi, perdagangan kontrak berjangka adalah solusi. Yuk, kita cicipi fitur di MoonXBT yang jauh lebih cepat dan sederhana.

Perdagangan kontrak berjangka masuk dalam kategori pasar derivatif alias pasar turunan. Artinya, Anda tidak memperdagangkan aset kripto aslinya, melainkan kontrak berjangka atas nilai aset kripto itu.

Disebut pasar derivatif, karena nilai dagang kontraknya berdasarkan nilai perdagangan kripto itu di pasar spot atau berdasarkan indeks harga tertentu.

Cara ini sangat efektif ketika pasar berfluktuasi tinggi, terlebih-lebih ketika pasar sedang terkoreksi seperti saat ini.

Di pasar derivatif, tersedia pula fitur leverage yang bisa meningkatkan modal Anda hingga berkali-kali lipat, sehingga memungkinkan Anda meraih profit yang lebih besar.

Mari kita bandingkan dengan perdagangan di pasar spot. Ketika kurs Bitcoin-dolar AS menurun drastis katakanlah sekitar 5 persen, maka langkah yang Anda lakukan adalah menjualnya secara rugi atau mungkin menahannya, sembari menanti harga naik kembali.

Itu adalah kelemahan di pasar spot, ketika harga turun Anda kehilangan banyak pilihan untuk meraih keuntungan.

Berbeda dengan pasar derivatif, Anda bisa meraih untung, walaupun harga pasar terus menurun dan periode waktu pendek.

Di sini, yang Anda lakukan adalah, menganalisis apakah harga masuk tren naik atau turun.

Caranya adalah menggunakan analisis teknikal (charting). Salah indikator dalam charting yang bisa digunakan adalah Parabolic SAR.

Lalu, ada memasukkan modal Anda (margin) katakanlah US$50.

aset kripto
Penggunaan indikator Parabolic SAR untuk mengkaji tren naik dan turun dalam jangka waktu tertentu. Di sisi kanan adalah penentuan leverage dan penentuan margin alias modal dagang.

Kemudian Anda memasang leverage 50X. Jikalau analisis Anda tepat, yakni misalnya benar naik, maka Anda bisa meraih keuntungan maksimal 500 persen dari modal Anda itu (US$50), yakni US$250.

Dan sebaliknya, jika tren pasar malah turun, maka Anda hanya merugi maksimal 90 persen dari modal Anda, yakni US$45.

Nah, dalam proses itu, Anda bisa menutup perdagangan (close) kapan saja Anda mau, sekiranya tren harga berbanding terbalik dengan hasil analisis Anda.

Peran MoonXBT

Sejak tahun 2018, pasar aset kripto sangat bervariasi. Ia tak hanya hadir di pasar spot yang penyelesaian akhir transaksi berlangsung cepat dan langsung.

aset kripto
Ketika harga Bitcoin naik tipis di pasar spot, di bursa berjangka, Anda bisa meraih keuntungan lebih besar, karena adanya fitur leverage. Perhatikan pada gambar, profit mencapai 27 persen.

Hadirnya pasar derivatif dengan mekanisme kontrak berjangka dan memiliki fitur leverage adalah solusi yang diidam-idamkan.

Nah, di sinilah MoonXBT memainkan perannya, yakni menghadirkan model perdagangan yang jauh lebih sederhana.

MoonXBT menyandarkan tujuan mereka dari kalimat Kazuo Inamori seorang pengusaha dan filsuf terkenal.

Sekali peristiwa ia berkata, bahwa “Siapapun mampu menyederhanakan hal yang rumit sehingga mudah dipahami banyak orang, maka mereka adalah orang yang bijaksana.”

“Atas dasar itulah, kami menyebutnya MoonXBT sebagai ‘light contract trading platform‘. Itu menggambarkan visi kami memberikan kemudahan dalam perdagangan kontrak berjangka bernilai aset kripto. Tak hanya mudah dalam penggunaan, tetapi margin alias modal yang kecil, mulai dari US$1 saja,” sebut Tim MoonXBT belum lama ini.

Dan lazimnya penyedia layanan serupa, terdapat fitur komisi bagi setiap pengguna yang mengajak bergabung pengguna baru ke MoonXBT.

“Kami bisa memberikan komisi hingga 60 persen, berikut sejumlah program menarik di masa mendatang,” sebut MoonXBT. [rel/red]

Tautan penting MoonXBT: Telegram (Indonesia | Global), Twitter, Medium.


CATATAN REDAKSI: Perdagangan aset kripto, baik di spot market ataupun futures market sama-sama berisiko tinggi. Untuk menekan risiko kerugian, terlebih-lebih bagi trader harian, diperlukan keahlian mumpuni di analisis teknikal (charting). Selain itu kebijaksanaan dalam manajemen keuangan sangat diperlukan.

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait