Harga Bitcoin dan Pasar Saham Menguat Akibat Pidato Trump Soal Corona?

3749

Harga Bitcoin dan pasar saham di Amerika Serikat (AS) menguat, setelah pidato Trump pada Jumat kemarin waktu setempat. Bitcoin sebenarnya naik beberapa jam sebelum pidato itu, kemudian indeks Dow Jones, S&P500 dan Nasdaq.

Ini sekali lagi membuktikan ada aspek tertentu, di mana ada korelasi linear antara Bitcoin dan pasar aset kripto secara umum dengan pasar saham terbesar itu.

IKLAN

Pada pagi kemarin Bitcoin anjlok lebih dari 40 persen, ambrol di US$4.193. Namun naik cepat di atas US$5.200 kurang dari 2 jam. Penguatan terus berlanjut pada pagi hari ini di level US$5.400. Bitcoin naik hingga 28 persen dalam 24 jam terakhir.

Penguatan harga Bitcoin dalam 24 jam terakhir. Sumber: CryptoCompare.com.

Trump dalam pidatonya itu menyebutkan telah mengambil langkah-langkah cepat dan progresif untuk menekan laju penyebaran virus Corona di Amerika Serikat. Salah satu yang terpenting adalah menggandeng perusahaan obat Roche untuk menguji beberapa “obat” yang memungkinkan “menyembuhkan” penderita.

Google pun disebutkan membantu langkah itu dengan membuat situs web khusus yang memberikan informasi terkini dan terperinci kepada warga AS.

BERITA TERKAIT  Analis Senior eToro: Tiongkok Jadi "Ramah Bitcoin"

Trump juga menyebutkan banyak negara-negara lain telah menghubunginya untuk menjalin kerjasama untuk menangkal virus Corona di negara masing-masing. Trump tidak menyebut negara mana saja.

Selepas pidato itu, indeks saham Dow Jones melejit hingga lebih dari 9 persen dalam rentang 24 jam di level 23.185. Dibandingkan beberapa jam sebelumnya berada di bawah level 22.000. S&P dan Nasdaq juga senasib, masing-masing di kisaran 9,3 persen.

Penguatan indeks pasar saham Dow Jones dalam 24 jam terakhir. Sumber: MarketWatch.com.

Di sisi lain, emas yang menguat beberapa hari ini lalu, pagi ini justru merosot tajam hingga minus 3,8 persen dibandingkan hari sebelumnya di level US$1528 per troy ounce.

Tentu kita menantikan dampak positif dan cepat dari langkah Amerika Serikat itu, sehingga kita bisa berharap besar, saham dan harga Bitcoin pulih lebih baik lagi. [red]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini