Harga Bitcoin Masih Runtuh, Ini Penjelasan Sedikit Utuh

2179

Bitcoin dan saham sama-sama naas akibat pandemi virus Corona yang menghantam dunia. Corona jelas-jelas tak kenal kedua aset itu, tapi perusahaan Multicapital punya penjelasannya.

IKLAN

Bitcoin sejatinya belum pulih, setelah runtuh parah sejak Jumat pekan lalu. Penguatan selama 24 jam terakhir misalnya, sekadar riak tak berarti, walaupun trader masih raih untung.

“Pada dasarnya, struktur pasar aset kripto memanglah lemah yang dipimpin utama oleh Bitcoin. Pun seandainya tetap utuh, Bitcoin tidak mudah menyerah begitu saja,” kata Samani dari Multicapital.

Dikaitkan dengan Bitcoin Halving pada Mei 2020 nanti, secara historis Bitcoin dianggap bullish sebelum dan setelah tanggal Halving. Tetapi, ancaman virus Corona membuatnya menjadi berbeda.

“Jaringan blockchain Bitcoin dan Ethereum saat ini misalnya tidak dapat beroperasi dalam skala global. Selama masa krisis, kedua-duanya sulit menjaga harga, yang menyebabkan peralihan besar-besaran ke pemegang aset kelas ritel. Ini artinya, karena jaringan Bitcoin bisa kewalahan pada saat penggunaan yang tinggi, ini dapat mempersulit untuk mengirimkan Bitcoin antar bursa. Sebagai hasilnya, kita akan menghadapi tingkat likuiditas yang kecil. Inilah yang membuat fluktuasi semakin liar,” jelasnya.

Samani tidak menampik faktor Bitmex dalam hal ini. Katanya, hanya ada sekitar US$20 juta order yang tersisa di Bitmex dan lebih dari US$200 juta posisi “long” untuk dicairkan. Ini berarti harga Bitcoin sempat jatuh ke US$0 seandainya Bitmex tidak turun tangan untuk menyetop sistem.

BERITA TERKAIT  Lagi, Upbit Indonesia Bagikan Token kepada Pengguna

“Mengingat posisi sentral Bitmex dalam struktur pasar aset kripto, pergerakan harga ini dapat menyebar ke bursa lain, termasuk spot market,” katanya.

Penambang Bitcoin juga terpukul. Ketika harga Bitcoin turun, para penambang pun memadamkan alat tambang mereka, sehingga hash rate pun menurun. Ini yang berdampak lamanya validasi block dan transaksi.

Samani berkesimpulan bahwa infrastruktur pasar aset kripto belumlah matang. Namun, ada banyak ruang untuk memperbaikinya, selain sebuah peluang untuk investasi lagi. [Decrypt/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO