Harga ETC Sempat Naik 30 Persen pada Selasa, Dampak Merge Ethereum?

Harga Ethereum Classic (ETC) turut menerima “dampak positif” dari merge Ethereum, yang sempat naik 30 persen saat pembaruan Bellatrix dimulai.

Sekadar informasi, Ethereum Classic adalah koin yang berasal dari hard fork Ethereum yang diluncurkan pada Juli 2016.

Fungsi utama dari Ethereum Classic adalah sebagai jaringan kontrak pintar, yang dapat menerima dan mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Namun, merge sejatinya hanya berdampak pada koin Ether saja. Lalu, mengapa harga ETC ikut melesat?

IKLAN

Harga ETC Terangkat Merge Ethereum?

Berdasarkan laporan Bitcoin News, dimulainya tahap pertama dari merge Ethereum tidak hanya memberi dampak positif bagi harga Ether (ETH), tetapi juga bagi harga ETC.

harga etc ethereum

Harga ETC melesat dari level terendah harian di US$32,20 ke lebih dari US$40, namun pada saat penulisan kembali jatuh ke kisaran US$33 karena sentimen dolar AS yang menyusutkan selera risiko masih memberi dampak negatif pada pasar kripto.

Melalui pembaruan merge, jaringan Ethereum akan beralih konsensus ke proof of stake (PoS), yang tidak akan menggunakan lagi penambangan untuk mencetak koin.

IKLAN

Tentu saja, ini akan membuat para penambang proof of work (PoW) tidak beroperasi lagi, sehingga Ethereum Classic, yang masih menggunakan konsensus PoW, tampak seperti surga di mata para penambang.

Berdasarkan laporan Cointelegraph, karena merge, telah ada banyak penambang yang beralih untuk menambang ETC, yang bahkan meningkatkan hashrate jaringan ke rekor tertinggi di 41,81 Terrahash per detik, dua hari sebelum pembaruan Bellatrix dimulai.

Merge memberi dampak pada ETC, tetapi tidak secara langsung, sehingga ini membuat beberapa pengamat yakin harga ETC masih mampu naik lebih tinggi dalam jangka panjang.

Selain itu, dukungan pada ETC juga datang dari penyedia pool penambangan Ethermine, yang telah menawarkan pool penambangan untuk koin Ethereum Classic.

IKLAN

Berbagai perhatian yang mengarah ke ETC telah meningkatkan prospek ekosistemnya, sehingga ini meningkatkan daya tarik dari koin yang telah lama kurang menjadi perhatian media dan investor.

Kini, investor menantikan tahap selanjutnya menuju merge, yakni Paris, yang diharapkan terjadi sekitar tanggal 10 sampai 20 September 2022. Mari kita saksikan. [st]

 

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait