Harga Ethereum (ETH) Diramalkan Jadi US$1711 Akhir 2022

Harga Ethereum (ETH) mulai diperdagangkan kembali di atas rentang US$1.500. Kajian 53 pakar kripto dan industri fintech memprediksi harga ETH dapat jatuh hingga ke US$675 sebelum pulih dan menutup tahun di angka US$1.711.

Panel pakar tersebut meyakini ETH akan mencapai US$5.739 pada akhir tahun 2025 dan US$14.412 pada akhir tahun 2030. Hal tersebut disampaikan dalam laporan prediksi harga terbaru Finder.com, dikutip dari Finbold.

Opini panel tersebut berbeda soal saat yang tepat untuk membeli ETH. Faktor yang dipertimbangkan adalah kelesuan pasar kripto dan peristiwa merge dimana jaringan ETH bertransisi menjadi algoritma Proof of Stake (PoS).

43 persen panelis menyatakan sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli ETH, sedangkan 16 persen berkata sebaliknya. 41 persen berkata investor kripto sebaiknya HODL untuk saat ini.

IKLAN

Sementara itu, 78 persen panelis percaya peristiwa merge akan berdampak positif terhadap harga ETH. Seperempat panelis memprediksi peningkatan harga akan terjadi setelah merge.

Pandangan Bullish untuk Harga Ethereum 

Direktur dan dosen Universitas Teknologi Swinburne, Dr. Dimitrios Salampasis, memiliki pandangan bullish terhadap ETH. Menurutnya, ETH akan diperdagangkan pada harga US$2.350 pada akhir 2022 dan dampak positif merge akan muncul enam bulan setelahnya.

“Transisi ke algoritma konsensus PoS diperkirakan akan mendorong skalabilitas jaringan Ethereum dan menghadirkan efisiensi dan efektivitas transaksi serta mengurangi gas fee,” jelas Salampasis.

Ia menambahkan, Ethereum tetap harus berinovasi demi memiliki keunikan dibandingkan para pesaingnya, terutama Solana (SOL) dan Algorand (ALGO).

IKLAN

Di sisi lain, COO CloudTech Group Kevin He berpandangan bearish terhadap prediksi akhir tahun. Ia melihat harga ETH akan mencapai US$750. Kendati demikian, ia berkata ETH akan berharga US$5 ribu pada akhir tahun 2025.

“Bila Ethereum berhasil menyelesaikan merger tahun ini, kami memperkirakan harga akan naik sebab PoS dan transaksi lebih cepat mendorong permintaan ETH dari penambang, investor dan pengguna aplikasi,” sebut He.

Bila pasar kripto membaik di pertengahan tahun kedua, He berkata harga ETH dapat menembus rekor terakhir dikarenakan permintaan yang meningkat.

Menurut data CoinMarketCap, ETH diperdagangkan pada harga US$1.526, naik 2,27 persen dalam sehari dan 43,82 persen selama satu pekan terakhir. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait