Harga XRP Tunjukkan Sinyal Jual, Apakah Akan Merosot atau Jadi Tidak Valid?

Kinerja Ripple (XRP) belakangan ini menjadi topik minat di kalangan investor dan trader, harga kripto ini turun ke support US$0,55, menandakan penurunan yang mencolok karena bull kesulitan untuk meningkatkan nilai pasarnya.

Penurunan ini memiliki implikasi signifikan, menandai kehilangan 10,54 persen dalam valuasi Year-To-Date (YTD) menurut data dari CoinMarketCap. Situasi ini menggarisbawahi volatilitas dan masa depan yang tidak pasti yang ada di depan untuk XRP di pasar kripto.

Harga XRP Tunjukkan Sinyal Jual 

Berdasarkan laporan Coin Edition, pada grafik 4 jam XRP/USD, analisis menunjukkan posisi yang berbahaya untuk kripto Ripple ini, Awalnya, ada sedikit harapan untuk pergerakan bullish menuju tanda US$0,60.

Namun, optimisme ini cepat tertutup oleh resistensi yang dihadapi di US$0,58, menunjukkan hambatan potensial untuk setiap upaya pemulihan segera. Level resistensi ini penting karena mewakili penghalang signifikan yang perlu diatasi oleh para bull untuk menandakan potensi pembalikan dalam tren bearish saat ini.

Pertarungan antara bull dan bear terlihat dalam dinamika pasar. Meskipun bull telah berusaha mendorong harga ke atas, bear telah menunjukkan momentum yang lebih kuat, secara efektif mengambil kendali.

Tarik ulur ini menyoroti kurangnya tekanan beli saat ini, komponen kritis untuk setiap pembalikan bullish yang signifikan. Tanpa peningkatan tekanan beli, peluang XRP untuk kembali ke level US$0,58 tetap tipis.

Skenario bearish menggambarkan gambaran suram untuk harga XRP. Kelanjutan tren ini bisa melihat harganya mundur lebih jauh ke US$0,52. Kemampuan untuk mempertahankan support di US$0,52 penting untuk mencegah penurunan lebih lanjut.

Namun, jika support ini gagal, terutama jika harga jatuh di bawah ambang US$0,50, XRP bisa menemukan dirinya menargetkan support berikutnya di sekitar US$0,48. Langkah seperti itu akan memperburuk sentimen bearish yang mengelilingi kripto Ripple ini.

Indikator teknikal seperti Moving Average Convergence Divergence (MACD) lebih lanjut menegaskan momentum bearish yang meningkat. Pengamatan kritis adalah persilangan EMA yang lebih panjang di atas EMA yang lebih pendek, ditambah dengan pembacaan MACD negatif sebesar -0,0023.

Sinyal-sinyal ini biasanya menunjukkan tren bearish yang menguat, menunjukkan bahwa harga XRP bisa menghadapi tekanan ke bawah lebih lanjut.

Selain MACD, indikator Aroon memberikan wawasan tentang arah pasar. Pembacaan saat ini menunjukkan perbedaan signifikan antara Aroon Up dan Aroon Down, dengan yang terakhir jauh lebih berat daripada yang pertama.

Ketidakseimbangan ini menunjukkan bahwa kekuatan bearish mendominasi pasar, membuatnya sulit bagi XRP untuk mengatasi resistensi US$0,58 dalam waktu dekat.

Meskipun ada pandangan bearish, ada kemungkinan untuk konsolidasi jangka pendek. Harga XRP bisa stabil, diperdagangkan dalam rentang sempit antara US$0,53 dan US$0,56. Fase konsolidasi ini bisa menawarkan jeda, memungkinkan pasar untuk menilai kembali arahnya.

Analisis harian menambahkan lapisan lain pada narasi di atas. Indikator RSI menunjukkan penurunan ke 58,01 dari pembacaan sebelumnya di 63,53. Penurunan momentum ini menunjukkan bahwa pasar kehilangan tenaga, membuat tren naik yang berkelanjutan tidak mungkin dalam jangka pendek.

Indikator Supertrend, alat lain yang digunakan oleh trader untuk menilai tren pasar, saat ini menandakan pandangan bearish. Kehadiran wilayah merah di atas harga XRP menunjukkan bahwa pasar dalam fase jual, lebih lanjut meredam prospek untuk pembalikan bullish.

Jika indikator Supertrend kembali menunjukkan sinyal hijau jikalau harga bergerak lebih tinggi, ini bisa jadi sinyal untuk invalid-nya sinyal bearish. Mari kita saksikan. [st]

 

Terkini

Warta Korporat

Terkait