Harga Zilliqa (ZIL) Menguat Sempat Naik 270 Persen, Inikah Penyebabnya?

Zilliqa kembali memasuki jajaran 100 aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar menurut data CoinGecko, setelah harga kriptonya, ZIL, meroket.

ZIL sempat tersungkur pada tahun 2021, tetapi kenaikan 270 persen dalam seminggu menandakan pemulihan, terutama dikarenakan antisipasi peluncuran metaverse Metapolis.

Harga Zilliqa (ZIL) Meroket

Fool.com melansir, ZIL diperdagangkan pada harga US$0,04 awal bulan ini tetapi telah mencapai US$0,17 sekarang. Zilliqa merupakan blockchain yang memposisikan diri sebagai alternatif terhadap Ethereum (ETH).

Pada awal 2021, ZIL sempat menduduki 50 aset kripto teratas tetapi kemudian longsor dan keluar dari kelompok tersebut. ZIL kembali berjaya baru-baru ini dan sedang berada pada posisi kapitalisasi pasar terbesar ke-60.

Metaverse menjadi kata kunci yang mendorong pertumbuhan Zilliqa. Berikut adalah tiga penyebab kesuksesan yang dialami ZIL:

Pertama, metaverse Zilliqa, Metapolis, akan meluncur pada bulan April dan ditawarkan sebagai produk metaverse-as-a-service dimana klien dapat menciptakan metaverse sendiri.

Metapolis telah digarap sekian lama dan peluncuran VIP mendatang menarik minat dari investor. Zilliqa telah menggalang dana US$2 juta dalam tahap pra-penjualan dari para klien.

“Metapolis, yang berarti kota dalam bahasa Yunani, dirancang sebagai teknologi terobosan yang menggabungkan augmented reality dan virtual reality serta ditenagai blockchain Zilliqa yang aman,” jelas Aparna Narayanan, kepala komunikasi Zilliqa.

Zilliqa mengumumkan kemitraan dengan Agora, aplikasi talenta global. Kemitraan ini menawarkan pencipta konten cara baru untuk berinteraksi di dunia digital dan virtual melalui metaverse serta dengan industri e-sports, musik, kesehatan dan lainnya.

Kedua, Zilliqa menjalin kemitraan e-sports. Blockchain ini mengklaim menjadi pilihan bagi industri e-sports. Pekan lalu, Zilliqa mengumumkan kerjasama dengan tiga perusahaan e-sports, yaitu Ninjas In Pyjamas dari Swedia, RRQ dari Indonesia dan MAD Lions dari Spanyol.

Kerjasama tersebut berarti Zilliqa akan menggarap solusi Web 3, terutama dalam hal NFT, tokenisasi dan kehadiran di metaverse. Industri e-sportsdiperkirakan akan berkembang menjadi US$2 miliar tahun ini.

Ketiga, pasar aset kripto menguat. ZIL mengalami kinerja lebih tinggi dibanding Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). BTC meningkat 20 persen dalam dua pekan terakhir dan seluruh pasar kripto turut menguat.

Sentimen investor menjadi optimis. Perubahan inilah yang membuat investor mengambil resiko berinvestasi di aset kripto lebih kecil seperti ZIL. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait