Hasil Survei Coinshare: Perusahaan Tingkatkan Alokasi Kripto DOT, ADA dan XRP, Sedikit Tinggalkan ETH

Ada sorotan menarik dari hasil survei Coinshare yang diterbitkan pada 27 Mei 2022 lalu, bahwa investor institusi (fund manager) meningkatkan alokasi mereka terhadap kripto Polkadot (DOT), Cardano (ADA) dan Ripple (XRP) dan sedikit mengesampingkan kripto Ether (ETH).

Sebagai catatan penting di sini, Coinshare menyebutkan jumlah responden pada survei itu adalah sebanyak 28 perusahaan, serupa dengan survei sebelumnya pada Desember 2021. Nilai keseluruhan aset yang dikelola oleh fund manager itu adalah US$580 milyar.

Dan survei itu sendiri digelar pada 29 Maret 2022 dengan acuan data per 28 Februari 2022 dan dibandingkan dengan hasil survei Desember 2021.

Rentang waktu itu adalah ketika arus keluar modal dari pasar kripto luruh sangat signifikan, ketika The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga dan rencana tapering-nya. Itu yang berujung pada penguatan dolar AS yang cukup luar biasa.

Hasil Survei The Fed: Warga AS Membeli Kripto untuk Investasi, Bukan Transaksi

Investor Institusi Tingkatkan Alokasi ke DOT, ADA dan XRP

Hal yang disorot di hasil survei itu adalah, bahwa perusahaan investasi cenderung enggan mengambil posisi alokasi terhadap kripto ETH. Justru mereka melirik dan meningkatkan alokasi investasi mereka ke kripto bernilai pasar lebih kecil, yakni Polkadot (DOT), Cardano (ADA) dan Ripple (XRP).

Itu pun terkait dengan alasan mengapa mereka tetap memilih kripto sebagai bagian dari portfolio, yakni spekulatif (20 persen), bernilai baik/good value (21 persen) dan permintaan klien (15 persen). Pilihan tertinggi adalah aspek diversifikasi (lebih dari 25 persen). Untuk aspek good value, nilai survei ini lebih tinggi angkanya daripada survei sebelumnya. Sedangkan aspek diversifikasi, pada survei sebelumnya hanya 15 persen.

“Temuan khusus di survei ini adalah, bahwa ada peningkatan alokasi investasi ke Polkadot, Cardano dan XRP dengan sedikit mengurangi Ether oleh institusi,” sebut CoinShare, walaupun arus modal masuk menurun dari 0,8 persen menjadi 0,5 persen sejak Desember 2021 hingga Februari 2022.

CoinShare juga menekankan, bahwa investor memang mencoba melakukan diversifikasi dan menambah posisi mereka terhadap kripto, khususnya yang bernilai pasar kecil.

harga kripto hari ini

Sebelumnya disebutkan di media ini, bahwa ada peningkatan pembelian XRP, bahkan ketika terjadi penambahan pasokan kripto itu ke pasar. Bahkan hari ini, harga ADA meningkat cukup baik memimpin di 100 besar kripto versi Coinmarketcap.com. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait