Para pengguna layanan komputer cloud Amazon disarankan untuk berhati-hati. Pasalnya, sudah ditemukan kegiatan penambang aset kripto Monero (XMR) di layanan itu, menurut peneliti asal Israel.

Mitiga, perusahaan keamanan siber di Israel, menyarankan agar semua pengguna Amazon Web Services (AWS) yang menjalankan jenis program tertentu, untuk memeriksa kembali sistemnya.

Migita mengatakan, bahwa siapa pun yang menjalankan program “instans EC2” berdasarkan Community AMI (Amazon Machine Images), rentan terhadap serangan penambang aset kripto Monero (XMR), setelah diketahui menyusup di layanan keuangan tertentu.

Amazon Machine Images adalah mesin virtual dalam layanan komputer cloud Amazon, AWS. Instant EC2 di dalamnya memungkinkan pelanggan AWS untuk membagikan AMI secara publik dengan pengguna lain.

Penambang aset kripto yang berjalan di AWS akan menyedot semua sumber daya komputasi yang disewa oleh pelanggan Amazon.

“Ini adalah contoh lain dari risiko yang ditimbulkan oleh pasar cloud saat ini, menawarkan solusi yang mudah digunakan, tapi berisiko disusupi, seringkali dari sumber yang tidak dikenal,” kata Ofer Maor Pendiri dan CTO Mitiga. [Decrypt/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO