IBM World Wire, Platform Pembayaran Berbasis Stellar

Perusahaan raksasa IBM telah meluncurkan solusi pembayaran berbasis blockchain, yang diklaim memiliki potensi merevolusi status quo di industri pembayaran dan pengiriman uang global, seperti dilansir dari CCN.com.

Solusi ini disebut “IBM Blockchain World Wire”, menggabungkan blockchain Stellar dengan aset digital untuk melakukan transfer uang instan dengan nilai yang terjamin.

Pada bulan Juli, CCN melaporkan bahwa IBM menyokong stablecoin berbasis dolar yang diterbitkan Stronghold pada jaringan Stellar. Di bulan yang sama, IBM mengumumkan bahwa perusahaannya terlibat proyek kripto ramah lingkungan yang juga dibangun di atas Stellar.

Platform World Wire dideskripsikan sebagai “jalur finansial yang bisa menuntaskan pembayaran lintas batas dalam real-time.” Menurut IBM, platform berbasis Stellar ini siap diintegrasikan dengan sistem pembayaran manapun dan mendukung transaksi senilai berapapun, kemanapun, dalam bentuk aset apapun di dalam lingkungan dengan keamanan yang tinggi.

IKLAN

IBM menggambarkan potensi kegunaan World Wire sebagai, “Blockchain yang memungkinkan kliring dan pembayaran dilakukan nyaris secara realtime. Solusi ini menggunakan aset digital yang bertindak sebagai store of value yang disepakati bersama untuk menyelesaikan transaksi, sekaligus menggunakan pesan instruksi pembayaran. Hal ini berarti dana bisa ditransfer dengan biaya lebih rendah dan waktu lebih singkat dibanding perbankan konvensional.”

Dengan World Wire, institusi keuangan yang bertransaksi bisa menggunakan aset digital pilihan mereka, baik itu mata uang digital terbitan bank sentral, kripto atau stablecoin yang berlaku sebagai jembatan antara dua mata uang fiat. Aset digital tersebut memfasilitasi pertukaran dan mengandung instruksi pembayaran yang penting agar transaksi dapat dikonfirmasi.

Saat berhubungan dengan API World Wire, institusi dapat menggunakan sistem pembayaran mereka yang sudah ada untuk mengubah uang fiat menjadi aset digital yang ingin dipertukarkan. Platform World Wire kemudian mengubah aset digital menjadi uang fiat kedua (bagi penerima), dan menyelesaikan transaksi nyaris secara instan.

Semua transaksi direkam di dalam blockchain Stellar demi keamanan dan kejelasan. Hal ini sekaligus untuk memenuhi peraturan hukum yang berlaku karena ada catatan permanen setiap transaksi yang terjadi menggunakan World Wire.

Menurut IBM, manfaat dari solusi mutakhir ini antara lain pemrosesan pembayaran yang lebih cepat, kliring dan penyelesaian pembayaran yang simultan, penyelesaian sengketa yang lebih singkat, dan biaya kliring yang jauh lebih rendah.

World Wire juga tidak membutuhkan kehadiran beragam pihak untuk menyelesaikan satu transaksi, sehingga dapat mengurangi kebutuhan modal untuk transaksi lintas batas. Selain itu, IBM berkata bahwa World Wire menambah transparansi antar pihak dengan menggunakan satu biaya untuk semua mata uang, serta dapat mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk membangun pasar dan sumber pemasukan baru.

Selain sebagai bagian usaha IBM mendalami teknologi blockchain dan kripto, peluncuran IBM Blockchain World Wire ini merupakan langkah signifikan bagi Stellar yang barusan ini mencapai 1 juta pengguna. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait