Ibu Kota Argentina Siap Mendukung Ethereum sebagai Node Validator

Buenos Aires, ibu kota Argentina, akan menjalankan sejumlah validator node Ethereum (ETH) pada tahun 2023. Hal tersebut disampaikan Diego Fernandez, sekretaris Inovasi dan Transformasi Digital kota tersebut, pada acara ETH Latam, konvensi Ethereum yang terjadi di kota tersebut.

Fernandez menjelaskan manfaat yang diharapkan pihaknya melalui proyek validator node itu, yakni untuk memperdalam pemahaman teknologi blockchain Ethereum dan regulasi agar Buenos Aires dapat mengembangkan aturan yang tepat bagi aset kripto.

Buenos Aires Siap Mendukung Ethereum (ETH)

News.Bitcoin.com melaporkan, node tersebut akan dikelola dalam kemitraan bersama perusahaan swasta. Pihak swasta tersebut akan mengoperasikan perangkat keras untuk menjalankan node itu.

Fernandez tidak memberikan keterangan lebih lanjut tentang jumlah node yang akan dioperasikan atau tanggal pasti aktivasi program tersebut.

IKLAN

Kendati demikian, Buenos Aires menjadi kota pionir di Amerika Latin yang menjalankan node aset kripto secara mandiri melalui proyek Ethereum itu.

Minat Buenos Aires terhadap aset kripto dan struktur blockchain bukan hal baru. Kota tersebut telah berminat dan mengajukan solusi berbasis kripto sejak awal tahun 2022.

Pada bulan April lalu, Walikota Horacio Rodriguez Larreta mengumumkan bahwa warga akan dapat membayar pajak memakai aset kripto. Ia menjelaskan aset kripto akan dikonversi menjadi peso Argentina sehingga pemerintah tidak menerima kripto secara langsung dari warga.

Pemerintah Buenos Aires juga sedang mengembangkan platform untuk memadukan identitas warga dengan sistem berbasis blockchain. Platform yang bernama TangoID itu digarap sejak Maret lalu dan ditargetkan untuk berjalan pada bulan Januari 2023 mendatang.

IKLAN

Menanggapi proyek ini, Fernandez berkata tujuannya adalah membangun sistem interaksi digital yang diawali dengan pertukaran dokumen dan informasi pribadi sesuai dengan kesepakatan warga.

TangoID sudah memiliki whitepaper yang dapat diakses oleh warga. Platform ini mengusung konsep kedaulatan identitas dan akan dibangun di atas Starkware, protokol Layer 2 Ethereum.

Proyek TangoID sejalan dengan pemerintah Argentina.

Pada tahun 2019, Laboratorium Inovasi Bank Pembangunan Inter-Amerika, bersama dengan NEC Argentina dan Asosiasi Sipil DECODES mengumumkan MoU untuk mengembangkan proyek identitas digital berbasis blockchain.

IKLAN

Proyek ini bertujuan meningkatkan akses ke barang dan layanan berkualitas bagi warga melalui identitas digital yang protabel, aman, transparan dan berdaulat. [ed]

spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait