Ibukota Brazil Akan Terima Bayar Pajak Pakai Kripto

Rio de Janeiro, salah satu kota paling ikonik di Amerika Selatan, mengumumkan akan mengizinkan warganya untuk membayar pajak memakai aset kripto. Hal ini menjadikan Rio de Janeiro sebagai kota pertama di Brazil yang menerima kripto berkat pasar aset kripto yang bullish.

Langkah itu merupakan bagian dari rencana terbaru yang melibatkan investasi dana kota Rio de Janeiro di sektor aset kripto. Hal tersebut disampaikan oleh petugas pemerintah daerah.

Dalam acara yang dihadiri oleh walikota Rio, Eduardo Paes, pemerintah mengumumkan rencana mengumpulkan aset kripto untuk pajak daerah yang bernama IPTU mulai tahun depan.

Pajak ini berkaitan dengan properti milik warga beserta nilai objek pajaknya dan akan dikumpulkan oleh pemerintah daerah.

Gerakan tersebut menjadikan Rio de Janeiro sebagai kota pertama di Brazil yang menerima kripto untuk pembayaran pajak. News.Bitcoin.com melaporkan, demi mencapai tujuan itu, pemerintah Rio akan mengandalkan pihak swasta yang memroses pembayaran dan menukarnya ke mata uang fiat.

Dengan metode tersebut, pemerintah akan menerima real Brazil sekaligus memungkinkan warga membayar memakai aset kripto.

Menanggapi proposal baru itu, Wali Kota Eduardo Paes menyatakan, “Usaha kami adalah menjelaskan kota Rio memiliki gerakan resmi yang mengakui pasar aset kripto.”

Ia menambahkan, warga yang berinvestasi kripto dapat membelanjakan aset tersebut untuk membayar pajak resmi. Paes menegaskan pemerintah akan melangkah dengan cepat.

Rencana Rio untuk pemaduan kripto tidak hanya itu. Menurut Menteri Keuangan dan Perencanaan Rio, Pedro Paulo, kota itu memiliki rencana melibatkan layanan lain dalam sistem pembayaran baru.

Paulo menyatakan aset kripto dapat ditambahkan kepada pembayaran kendaraan umum sebagai contoh. Selain itu, aset kripto akan digunakan untuk mendorong industri seni, budaya dan pariwisata melalui NFT.

Pemerintah Rio akan mengembangkan kebijakan aturan yang bertanggungjawab untuk mengkaji perwujudan investasi kripto.

Demi mencapai investasi tersebut, Rio de Janeiro akan mendirikan lembaga baru, Komite Daerah untuk Investasi Kripto, yang mengkaji cara terbaik memanfaatkan dana kota ke sektor kripto.

Ketaatan hukum juga merupakan aspek yang diutamakan. Pemerintah Rio mengumumkan rencana tersebut pada bulan Januari silam, dimana 1 persen dana kota akan diinvestasikan di kripto. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait