spot_img
spot_img

Iklan Kripto Floki Inu di Inggris Akan Diselidiki

Iklan aset kripto Floki Inu (FLOKI) yang beredar di angkutan umum London, Inggris, sedang diselidiki oleh Otoritas Standar Periklanan Inggris (ASA).

ASA berkata pihaknya sedang mengkaji beragam iklan di sektor aset kripto untuk menangkap pelanggaran aturan. Tim FLOKI berkata iklan mereka sudah jelas secara legal.

“Iklan ini termasuk disclaimer terkait volatilitas aset kripto,” jelas tim FLOKI.

Iklan itu menargetkan investor ritel yang merasa melewatkan Dogecoin (DOGE) yang meroket tahun ini. DOGE berawal sebagai kripto lelucon tetapi kini memiliki kapitalisasi pasar milyaran dolar AS.

Kripto Floki Inu

Iklan FLOKI tersebut mencemaskan pihak berwenang sebab tidak banyak informasi soal tim di balik FLOKI. Menanggapi hal itu, tim FLOKI berkata mereka sengaja menyembunyikan identitas agar FLOKI menjadi aset kripto milik rakyat.

Tim FLOKI tidak sepenuhnya anonim. Badan hukum FLOKI bermarkas di Georgia, sedangkan pengembang utamanya diketahui, yaitu Jackie Xu yang berdomisili di Belanda.

Kendati teks iklan tersebut menjelaskan nilai investasi kripto dapat menurun dan aset kripto belum diregulasi di Inggris, sejumlah politisi Inggris merasa operator angkutan umum Transport for London (TfL) seharusnya tidak menerima iklan itu.

Anggota partai Green Party London Assembly, Sian Berry, berpendapat hal ini seharusnya menjadi peringatan dan seseorang di TfL harus memeriksa hal ini sebelum memberikan persetujuan.

Kantor Walikota London berkata TfL sedang menghubungi ASA dan Otorotitas Jasa Keuangan Inggris (FCA) untuk meminta pendapat soal iklan FLOKI.

Kendati demikian tim FLOKI merasa terserang oleh partai politik tertentu yang ingin mensensor aset kripto dan kebebasan pilihan bagi rakyat.

Menurut TfL, belum ada keluhan masal dari publik soal iklan aset kripto. TfL mensyaratkan pihak pengiklan harus menjelaskan kripto belum diregulasi dan nilainya bisa menurun.

“Kami terus bekerja dengan ASA dan FCA untuk mendorong regulasi kripto dan kami akan membahas isu terkait iklan kripto demi mendapat masukan dari mereka serta tindakan yang diperlukan,” tambah TfL.

ASA berkata pihaknya mengkaji beragam iklan aset kripto, termasuk FLOKI, di beragam media selain TfL. Hasil kajian tersebut akan digunakan untuk regulasi terkait iklan kripto beserta penegakan hukum yang ditentukan. [bbc.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait