spot_img
spot_img

Ini Cara Staking Kripto Axie Infinity (AXS)

Staking kripto Axie Infinity (AXS) sangat mudah, dipercaya bisa menjadi sumber pendapatan pasif. Dalam 3 bulan terakhir harganya naik 1900 persen. Dalam waktu dekat DEX akan diluncurkan. Ini bisa jadi fondasi pertimbangan.

Axie Infinity adalah game daring memungkinkan pemain bisa mendapatkan kripto. Caranya adalah pemain mengoleksi hewan virtual bernama Axie, serta membesarkan dan melatihnya, serta bertempur dengan pemain lainnya.

Karakter dasar monster kecil yang lucu itu adalah hewan axolotl, sejenis salamander, mirip seperti ikan berkaki empat. Axolotl bisa lahir dan tumbuh secara cepat. Karakteristik inilah yang diadopsi di game kripto popular ini.

Axie menggunakan rancangan ekonomi berbasis blockchain yang memberi imbalan bagi pemain atas sumbangan mereka terhadap ekosistem. Ini adalah model gaming baru yang disebut sebagai play to earn.

Staking Kripto Axie Infinity

Axie Infinity Shard (AXS) adalah governance token di Axie Universe. Pemilik AXS dapat mengklaim imbalan melalui staking, bermain dan berpartisipasi dalam pemilihan suara (voting). Axie meluncurkan program staking belum lama ini.

Staking berarti pemilik mengunci token pada platform untuk meraih imbalan, mirip bunga deposito.

Dalam hal Axie Infinity, imbalan per tahun (APY) berawal dari 400 persen, tetapi seiring AXS semakin di-staking, APY berkurang dan kini berada di kisaran 200 persen per tahun.

Langkah Sebelum Mulai Staking Kripto Axie Infinity

Demi mencegah kerugian, pengguna harus memeriksa setiap alamat situs dan alamat dompet untuk mendepositkan token. Pengguna dapat melakukan ujicoba dengan cara mengirim sejumlah kecil token untuk memastikan dana tersebut tiba dengan selamat di tujuan.

Perlu dicatat, bila dana dikirim ke alamat yang salah atau pengguna menjadi korban penipuan phishing, maka token tersebut hilang dan tidak dapat dipulihkan.

Staking juga memiliki risiko tersendiri, salah satunya adalah faktor volatilitas yang memengaruhi nilai dana yang distaking bila diukur berdasarkan uang fiat.

Selain itu, ketika pengguna melakukan staking maka token berada dalam kendali smart contract atau entitas yang membuat proyek. Mengingat imbalan bisa diambil setiap hari, nilai bunga staking akan turun dan naik secara drastis.

Ada kemungkinan kontrak pintar tersebut error dan menyebabkan dana hilang. Sebagai gantinya, pengguna yang mengambil resiko tinggi dapat meraih imbalan tinggi pula.

Panduan Staking AXS

Token AXS dapat diperoleh melalui bursa kripto seperti Binance. Unduh dompet Axie, yakni aplikasi dompet Ronin di peramban Google Chrome dan Firefox. Pilih kata sandi dan buat cadangan seed phrase bagi dompet tersebut.

Daftar ke Axie Marketplace. Gunakan tombol “Login” di bagian kanan atas. Lakukan verifikasi alamat surel dan buat kata sandi. Langkah ini penting untuk lanjut ke bagian selanjutnya dan menghindari kesalahan pada platform.

staking kripto Axie Infinity

Transfer token AXS ke dompet Ronin.

Ronin menggunakan jaringan Ron, sehingga Anda harus mentransfer melalui jaringan ini dan bukan jaringan lain seperti dompet Binance Smart Chain. Bila menarik dari bursa, pastikan Anda memilih jaringan Ron.

Bila token AXS berada di jaringan ERC-20 Ethereum, maka Anda bisa memakai opsi Ronin untuk Bridge menukarnya ke AXS di jaringan Ron. Kelak ini tidak diperlukan, berkat akan hadirnya DEX khusus.

Kunjungi dashboard untuk staking AXS, tekan tombol stake lalu pilih jumlah AXS yang diinginkan sebelum menyetujui transaksi melalui instruksi yang muncul di dompet Ronin.

staking kripto Axie Infinity

AXS Anda kini sudah distaking. Imbalan dan APY saat ini dapat dilihat melalui dashboard. Imbalan dapat diklaim dengan cara menekan tombol unstake. Imbalan ini lalu dapat distaking kembali.

Cara Memasang Dompet Ronin

Ronin adalah dompet resmi Axie Infinity. Mirip MetaMask, Ronin dapat diunduh sebagai aplikasi peramban bagi Google Chrome dan Mozilla Firefox. Pengguna harus memastikan aplikasi yang diunduh adalah resmi dompet Ronin.

Demi menghindari aplikasi palsu, gunakan tautan resmi dari situs Ronin. Periksa jumlah unduhan pada laman aplikasi, di mana saat ini aplikasi Chrome Ronin memiliki lebih dari 2 juta unduhan.

Setelah dompet dipasang, buka aplikasi dan buka alamat dompet baru. Pilih kata sandi dan catat seed phrase yang terdiri dari 12 kata.

12 kata ini dapat dipakai untuk mengakses aset di dalam dompet Ronin, sehingga pengguna harus menyimpannya di tempat aman.

Tutorial selengkapnya, baca artikel ini.

Cara Menghubungkan Trezor ke Dompet Ronin

Hardware wallet adalah metode penyimpanan paling aman bagi aset kripto. Bagi pengguna yang melakukan staking dalam jumlah besar, sebaiknya menggunakan hardware wallet seperti Trezor.

Gunakan menu di bagian kanan atas aplikasi Ronin, lalu hubungkan hardware wallet. Pengguna akan diminta memberikan akses dan dapat memilih alamat dompet secara bebas.

Cara Memakai Ronin Bridge

Token AXS berada di jaringan Ethereum, Binance Smart Chain dan sidechain Ron. Kendati demikian, staking hanya tersedia di jaringan Ron.

Bila token ada di jaringan BSC, pengguna bisa mendepositkannya ke bursa Binance lalu menarik ke jaringan Ethereum atau Ron.

Sebagian besar AXS disimpan sebagai ERC-20 di Ethereum. Sebab itu, AXS ERC-20 ini harus diubah menjadi AXS di Ron dengan cara memakai Ronin Bridge.

Pada Ronin Bridge, hubungkan dompet MetaMask yang berisi AXS ERC-20. Setelah hubungan terkonfirmasi, pilih Deposit dari menu utama.

Langkah selanjutnya adalah mengisi rincian, seperti alamat dompet Ronin, token yang ingin diubah yaitu AXS, serta jumlah yang ingin dikonversi.

Tekan tombol berikutnya untuk menyetujui transaksi di MetaMask. Tunggu transaksi terkonfirmasi, setelah itu proses konversi AXS ERC-20 menjadi AXS Ron telah usai.

Saat ini, biaya transaksi konversi melalui Ronin bridge cukup tinggi. Setelah konfirmasi sudah terjadi, AXS Ron akan tiba di dompet Ronin dalam waktu beberapa menit. [cryptopotato.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait