Ini Penampakan Bitcoin di WhatsApp

12930

Beberapa hari yang lalu tersiar kabar secara global, bahwa memungkinkan melakukan pengiriman dan penyetoran Bitcoin melalui WhatsApp. Fitur itu ditenagai oleh bot Lite.Im buatan Zulu Republic yang bermarkas di Swiss. Selain Bitcoin, fitur ini mendukung aset kripto lainnya, yakni ZTX dan ETH. Ini menarik, sekaligus meragukan, karena WhatsApp sesungguhnya tak aman, terlebih fitur ini dibuat oleh pihak ketiga di luar WhatsApp.

Mengingat sistem kode sumber WhatsApp adalah tertutup dan dikendalikan oleh perusahaan induknya, yakni Facebook, fitur baru ini dapat dianggap “seksi”, sebab perusahaan dunia sekelas Facebook berminat mengakomodirnya. Ini juga sekaligus menjawab sedikit soal misteri keterlibatan Facebook di sektor aset kripto dan teknologi blockchain sejak tahun lalu.

Facebook juga disebut-sebut media mainsteam internasional akan membuat Facebook Coin (FBCoin). Harga FBCoin diperkirakan dipatok dengan harga satu dolar AS, yang di komunitas aset kripto lazim disebut dengan stablecoin.

Masalah yang membelit lainnya adalah aspek keamanan di WhatsApp sendiri. Sebab, beberapa hari yang lalu, terkuak celah fatal, di mana peretas dari Israel mampu masuk dengan menggunakan spyware khusus untuk memata-matai perangkat korbannya.

Blockchainmedia pun mencoba menjajal fitur Bitcoin di WhatsApp itu. Kesan pertama harus diakui menarik, sebab praktis WhatsApp Anda bisa digunakan selayaknya dompet (wallet) kripto lainnya. Hanya saja, karena berjalan melalui aplikasi percakapan popular, tentu rasa dan nuansanya berbeda.

Bot Lite.Im pada selayaknya semacam jembatan yang menghubungkan WhatsApp dengan sistem Zulu Republic. Jadi, sebelum bisa menerima dan mengirimkan Bitcoin di WhatsApp, maka Anda harus punya akun di Lite.Im.

Jika sudah, maka Lite.Im di WhatsApp (bernomor ID: +1 (786) 916-7825) akan meminta Anda memasukkan kata sandi akun Lite.lm Anda agar bisa terhubung.

Setelah kata sandi terverifikasi benar, maka Anda diminta memverifikasinya sekali lagi dengan memasukkan PIN yang dikirimkan melalui SMS, lalu memasukkan kata sandi sekali lagi.

Sekejap, 7 menu utama pun muncul, yakni Send, Receive, Transactions, Export Wallet, Settings, Instructions, Share & Earn dan Claim Rewards. Untuk menu Receive, Anda memungkinkan mengakses alamat (address) Bitcoin, mendapatkan QR Code dan mengubah preferensi aset kripto yang tersedia.

Fitur yang menarik di sini adalah afiliasi, di mana pengguna berpeluang mendapatkan imbalan berupa Bitcoin jika mengajak pengguna baru untuk bergabung. Untuk bisa mengakses ini gunakan pilihan Share & Earn (6) dari menu utama.

Iseng-iseng Blockchainmedia pun menyebarkan program afiliasi itu dan beruntung telah “mendapatkan” 0.000038 BTC (US$0,30). Tapi, sebelum bisa mengklaimnya, Anda diwajibkan memasukkan nama, termasuk kode yang dikirim ke e-mail Anda untuk memverifikasinya. Hingga artikel diterbitkan, Blockchainmedia belum memperoleh kode yang yang dimaksud. Penasaran? Silahkan coba sendiri. [vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini