spot_img
spot_img

Ini Syarat Bitcoin (BTC) Menjadi Mata Uang Cadangan Dunia

Ada banyak syarat Bitcoin (BTC) menjadi mata uang cadangan dunia (world reserve currency). Prinsipnya adalah tetap pada nilai-nilai yang berseberangan dengan negara dan pemerintahan.

Prinsip ini digaungkan kembali oleh Senator asal AS, Rand Paul belum lama ini. Menurutnya, ketika semakin banyak rakyat tak percaya lagi kepada pemerintahan yang sah, maka Bitcoin bisa saja menjadi mata uang cadangan yang disukai dan menekan pemerintahan menjadikan BTC menjadi tambahan cadangan devisa.

“Saya mulai mempertanyakan sekarang apakah kripto benar-benar dapat menjadi mata uang cadangan dunia, karena semakin banyak orang kehilangan kepercayaan kepada pemerintah,” katanya dilansir dari Axios, Sabtu (23/10/2021).

Sebagai catatan di sini, bahwa Paul belum pernah secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap kripto, apalagi Bitcoin.

“Mata uang pemerintah (fiat money) sangat tidak dapat diandalkan, karena tidak memiliki underlying asset yang jelas,” kata Paul.

Paul menyitir hasil jajak pendapat Gallup pada 30 September 2021. Hasilnya adalah warga Amerika memiliki tingkat kepercayaan yang rendah terhadap pemerintah.

Secara terperinci, hasilnya sebagai berikut: kepercayaan pada pemerintah federal untuk menangani masalah internasional berada pada rekor terendah 39 persen, sedangkan kepercayaan pada masalah hukum sekitar 54 persen, turun 13 poin sejak 2020.

Kepercayaan warga AS terhadap negara bagian mereka hanya 57 persen dan pemerintah lokal 66 persen dan terus lebih tinggi daripada kepercayaan terhadap pemerintah federal.

Karena orang-orang terus kehilangan kepercayaan pada kemampuan pemerintah mereka untuk menangani masalah dan mewakili kepentingan mereka dengan baik, Bitcoin dan mata uang kripto akan diuntungkan dan bahkan lebih dianut, Senator Paul menyoroti.

“Saya mulai mempertanyakan sekarang apakah kripto benar-benar dapat menjadi mata uang cadangan dunia karena semakin banyak orang kehilangan kepercayaan pada pemerintah,” katanya.

TradingView Chart
Penguatan harga Bitcoin sepanjang masa.

Senator telah menggembar-gemborkan kripto sebelumnya. Selama kampanye kepresidenannya pada tahun 2016, selain donasi dalam dolar AS, Paul menerima donasi dalam Bitcoin .

Meskipun Senator Republik tidak spesifik tentang kripto mana yang dia maksud dalam wawancara, dia belum secara terbuka mendukung kripto apa pun selain BTC, yang menunjukkan bahwa dia kemungkinan merujuk pada Bitcoin itu sendiri.

Rusia Mempertimbangkan Kripto Sebagai Cadangan Devisa

Itu yang seharusnya tidak mengejutkan, mengingat BTC adalah satu-satunya kripto yang cocok untuk berfungsi sebagai mata uang, karena punya mekanisme kelangkaan lewat Halving. [ps]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait