Inilah Modus Pencucian Kripto

Kripto yang merupakan teknologi anonim bisa disalahgunakan untuk perdagangan barang ilegal termasuk pencurian data yang memaksa korban untuk membayar tebusan. Kriminal memakai cryptomixer untuk menyamarkan transaksi dan memperumit penyelidikan.

Pencucian Kripto 

Cryptomixer adalah layanan yang tersedia secara umum. Mixer ini memakai jalur komunikasi anonim dan tidak mencatat transaksi pengguna sehingga menjadi bermanfaat bagi kriminal.

Kriminal mengirim kripto, misalkan Bitcoin (BTC), ke dompet yang dimiliki oleh operator mixer. Saldo ini bergabung dengan kumpulan Bitcoin yang berasal dari pengguna lain. Bitcoin asli milik kriminal dikembalikan ke blockchain dengan kode mixing yang memastikan ia menerima Bitcoin baru yang bersih.

Sebagai langkah penyamaran tambahan, kriminal dapat mengirim Bitcoin bersih tersebut ke alamat alamat berbeda sehingga lebih menyulitkan penegak hukum untuk melakukan pelacakan.

IKLAN

Kendati tindakan mixing bukan praktik yang ilegal, layanan mixing tidak sering dipakai masyarakat umum. Situs Intel 471 menemukan, semua layanan mixer memiliki kehadiran di beragam forum kriminal siber.

Semua mixer tersebut memiliki tampilan yang profesional dan tidak menyebut apapun soal peran dalam pencucian uang. Situs mixer mengklaim hanya membantu pengguna melindungi privasi.

Layanan mixer yang populer termasuk Absolutio, AudiA6, Blender dan Mix-btc. Semua layanan tersebut dapat dipakai di internet normal serta jaringan Tor, dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Rusia.

Kripto yang dapat dibersihkan melalui layanan mixing termasuk Bitcoin, Bitcoin Cash (BCH), Bitcoin SV (BSV), Dash (DASH), Ethereum (ETH), Ethereum Classic (ETC), Litecoin (LTC), Monero (XMR) dan Tether (USDT).

IKLAN

Untuk memakai layanan mixing, pengguna harus memiliki saldo minimal 0,001 BTC hingga 0,006 BTC. Saldo maksimal yang dilayani mulai dari 2 BTC hingga 2.600 BTC. Situs Mix-btc tidak menentukan batas maksimal mixing.

Selain itu, layanan mixer dikenakan biaya transaksi dalam bentuk persentase total volume. Ada pula yang menawarkan transaksi dinamis untuk semakin menyamarkan jejak. Biaya transaksi yang dikenakan bermacam-macam, mulai dari 1 persen hingga 30 persen.

Sebagai contoh, Intel 471 menemukan situs Blender menangani transaksi hingga 54 BTC dan berpotensi meraup untung US$50 ribu dalam biaya transaksi dalam waktu satu bulan.

Cryptomixer merupakan perangkat penting dalam operasi ransomware. Melalui layanan ini, oknum kriminal dapat mencairkan hasil tebusan dan mendanai operasional dunia kriminal. Pemahaman penggunaan operasi mixer dapat mencegat kriminal mencuci uang memakai layanan ini. [intel471.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait