Inilah Tampang Nishad Singh, Orang Ring 1 SBF di FTX

Runtuhnya FTX sebagai bursa kripto besar di dunia tentu bukan rahasia umum lagi. Tapi, masih banyak yang belum kenal dengan Nishad Singh, seorang director of engineering di FTX dan menjadi salah satu orang penting di sisi SBF di FTX.

Pria yang berasal dari India ini, sebelumnya menjadi karyawan di Facebook dan beralih ke Alameda Research kemudian dengan cepat menjadi direktur teknik di FTX.

Singh merupakan satu dari sembilan orang terdekat Sam Bankman-Fried, yang tinggal dan bekerja di Bahama, induk dari FTX. Diketahui CEO Alameda yaitu Caroline Ellison dan CTO Gary Wang juga berada di grup yang sama, dilansir dari Coindesk.

Pada podcast FTX 2020 lalu, Singh berbicara tentang keputusannya berpindah haluan dari pekerjaan impiannya di Facebook ke Alameda setelah mengunjungi SBF di apartemennya, dilansir dari Moneycontrol.

IKLAN

“Saat itu di apartemen, di pagi hari. Aku berencana pergi ke kantor Alameda yang kala itu baru berusia sebulan. Saya yakin kemampuanku bisa diterapkan di sana,” kenang Singh.

Singh sendiri menjadi director of engineering di FTX sejak April 2019 lalu. Perannya dalam bangkrutnya FTX telah diawasi dengan cermat, dengan beberapa dugaan seperti nepotisme yang merajalela dan konflik kepentingan internal.

“Gary, Sam dan Nishad mengendalikan kode, mesin pencocokan bursa, dan dana. Jika mereka memindahkan atau memasukkan angka tertentu, aku tidak yakin ada orang yang menyadarinya,” ujar narasumber anonim dilansir dari Coindesk.

Berdasarkan laporan Reuters, SBF dan tim intinya mentransfer dana pengguna sebesar US$10 milyar ke perusahaan trading Alameda Research yang pada akhirnya mengantarkan FTX dan sejumlah perusahaan afiliasinya menjadi bangkrut.

Fakta Menarik Nishad Singh, Bagian Ring 1 SBF di FTX

Terdapat beberapa fakta menarik tentang Nishad Singh yang harus diketahui, yaitu:

1. Nishad Singh merupakan sarjana sains di jurusan Teknik Listrik dan Sains Komputer di Universitas California di Berkeley dengan predikat summa cum laude.

2. Sebelumnya dia bekerja di Facebook, kemudian pindah ke Alameda Research dan Berkeley Consulting dan akhirnya menjadi director of engineering di FTX, dilansir dari Inshort.

3. Nishad merupakan salah satu orang terdekat dari SBF di FTX.

4. Posisi Nishad Singh sebagai ring 1 SBF di FTX sangat penting karena bisa dengan mudah mengendalikan informasi, data dan dana pelanggan tanpa terdeteksi pihak luar. [aa]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait