Inilah Tanda Penting Bull Run ETH Berikutnya

Arthur Hayes, co-founder bursa kripto derivatif BitMEX, berkata ia hanya mengamati satu grafik Ethereum (ETH) yang dapat menjadi pertanda penting bagi bull run ETH berikutnya.

Kepada 298 ribu pengikut di Twitter, Hayes mengungkap net issuance atau penerbitan bersih ETH adalah satu-satunya grafik yang penting diamati setelah blockchain smart contract tersebut transisi dari proof of work (PoW) menjadi proof of stake (PoS) melalui merge.

“Penurunan penerbitan ETH setiap hari akan menjadi pertanda bull run berikutnya,” jelas Hayes, dikutip dari Daily Hodl.

Tanda Penting Bull Run ETH 

Penerbitan ETH adalah proses penciptaan koin ETH baru yang sebelumnya tidak ada sebagai imbalan bagi staker yang menjaga agar jaringan Ethereum tetap berjalan dan aman.

IKLAN

Melalui situs resmi, komunitas Ethereum menggambarkan perubahan dramatis soal perubahan penerbitan ETH setelah merge.

Imbalan dari penambangan berjumlah 13 ribu ETH per hari, dan imbalan staking berjumlah 1.600 ETH per hari sebelum merge. Setelah merge, hanya 1.600 ETH per hari yang tetap didistribusikan, sehingga penerbitan ETH baru turun sebesar 90 persen.

Dengan asumsi harga gas fee transaksi Ethereum pada angka 16 gwei, setidaknya 1.600 ETH diburn setiap hari. Proses pemusnahan tersebut menyebabkan penerbitan ETH menjadi nol atau negatif setelah merge.

Hayes memprediksi ETH akan diperdagangkan pada harga US$3 ribu pada akhir tahun. Pasalnya, ia meyakini suplai ETH yang beredar setelah merge tidak akan cukup untuk memenuhi permintaan.

IKLAN

“Bila ada jumlah permintaan tertentu dan suplai tidak dapat memenuhinya, maka harga akan naik terlepas dari biaya untuk membelinya,” pungkas Hayes.

Ali Yaha, Mitra di perusahaan modal ventura a16z, menyebut merge adalah pencapaian luar biasa bagi bull run ETH. Sebab, pembaruan ini melibatkan penukaran komponen Ethereum paling penting, yakni algoritma konsensus, tanpa menghentikan jaringan.

Ia menambahkan, keuntungan transisi ke PoS adalah efisiensi energi seratus kali lipat dibanding sebelumnya. Partisipasi dalam algoritma konsensus PoS tidak membutuhkan listrik setinggi PoW.

Selain itu, PoS memiliki akses langsung terhadap stake setiap validator yang dideposit untuk mengamankan jaringan. Hal ini berarti insentif PoS dapat menjadi lebih granular dan mendorong keamanan lebih tinggi.

IKLAN

Hari ini, ETH diperdagangkan pada harga US$1.344, turun 7,3 persen dalam kurun waktu 24 jam terakhir dengan volume perdagangan US$14 milyar. ETH mencapai all-time high senilai US$4.878 pada bulan November 2021. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait