spot_img
spot_img

Investasi Bitcoin Kian Mudah, 650 Bank AS Siap Bersaing dengan Coinbase

Investasi Bitcoin kian mudah. 650 bank di Amerika Serikat (AS) siap bersaing dengan Coinbase. Jutaan nasabah kelak bisa membeli Bitcoin (BTC) dan kripto lain secara langsung lewat rekening mereka masing-masing.

Selama ini, ratusan bank di Amerika Serikat merasakan “pedihnya” melihat arus duit nasabah mereka “lari” ke bursa kripto raksasa Coinbase.

Ibarat kata, duit masuk dan keluar lewat bank sekadar “menumpang lewat” walaupun bank tetap meraih pendapatan berupa biaya administrasi.

Jadi, supaya tetap ketiban gurihnya transaksi, 650 bank itu bersiap melayani jual-beli Bitcoin, agar nasabah bisa investasi Bitcoin secara mudah.

Hal itu terwujud berkat kerjasama antara New York Digital Investment Group (NYIG) anak perusahaan investasi Stone Ridge dengan perusahaan penyedia jasa keuangan, National Cash Register (NCR).

NCR didirikan pada tahun 1884. Produknya sangat beragam mulai dari mesin Point of Sale (POS), layanan perbankan digital, mobile banking hingga ATM.

NCR melayani pelanggan di lebih dari 160 negara. Sebagian besar di antaranya adalah perbankan.

NYIG yang didirikan pada tahun 2016 lalu memang fokus pada layanan terkait kripto. NYIG punya kerjasama erat dengan Morgan Stanley soal produk investasi berjangka kripto.

NYIG juga yang pernah membantu perusahaan asuransi MassMutual untuk membeli banyak Bitcoin di Coinbase.

Mass Mutual Beli Bitcoin, JPMorgan: Sinyal Permintaan Bitcoin Kian Bergelora

“Kami sangat percaya pada manfaat kripto dan penerapan strategisnya. Dan itu berlaku terhadap relasi erat kami dengan bisnis perbankan,” kata Douglas Brown Presiden NCR, dilansir dari Forbes, Rabu (30/6/2021).

Pada Mei 2021, NCR bermitra dengan perusahaan pembayaran kripto yang berbasis di New York, Flexa.

Itu memungkinkan pengguna perusahaan Altoona, membayar barang dan jasa menggunakan Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Litecoin (LTC), Dogecoin (DOGE) dan banyak lagi.

“Banyak dari bank-bank ini melihat bahwa salah satu arus keluar terbesar dari para nasabah adalah memindahkan uang dari bank ke bursa seperti Coinbase,” kata Yan Zhao, salah seorang pendiri Stone Ridge.

Pada Februari 2021, NYDIG punya beberapa aset kripto senilai US$4 miliar, termasuk setidaknya 30 ribu BTC senilai US$1 milyar, yang dimiliki oleh perusahaan induknya, Stone Ridge Holdings Group.

Hanya sebulan kemudian, aset yang dikelola telah tumbuh menjadi lebih dari US$6 milyar.

Bank Besar AS Akan Masuk Sektor Bitcoin Cs?

Dan sejak saat itu perusahaan secara diam-diam bermitra perbankan yang diperkirakan memungkinkan mereka melepaskan layanan Bitcoin ke sekitar 70 persen bank di AS.

Bank di AS memungkinkan melakukan hal ini berkat lampu hijau oleh Kantor Pengawas Dolar pada tahun lalu. Kantor ini berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Amerika Serikat.

Mereka memastikan bank-bank di AS diperbolehkan memberikan layanan kripto kepada nasabah mereka. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait