Investor Alibaba Kucurkan Dana ke Bisnis Metaverse Korsel

Zepeto, ekosistem metaverse fesyen yang dikembangkan Naver Corp asal Korea Selatan, menerima investasi senilai US$150 juta setara Rp2,1 trilyun dari SoftBank, yang juga investor terbesar di balik Alibaba.

Kanal berita Wall Street Journal melaporkan, investasi tersebut merupakan putaran pendanaan Seri B yang menempatkan valuasi Zepeto sebesar US$1 milyar.

SoftBank Incar Metaverse

HYBE Co, perusahaan manajemen dibalik boy band K-pop BTS, termasuk dalam kelompok investor Korsel yang memberikan dana US$41 juta kepada Zepeto dengan valuasi US$1 milyar.

Diluncurkan pada 2018, Zepeto merupakan salah satu ekosistem metaverse yang muncul di Korsel. Platform ini menerima lebih dari dua juta pengguna aktif harian yang utamanya terdiri dari perempuan berusia antara 13 hingga 24 tahun.

IKLAN

Pengguna menciptakan avatar digital pada platform Zepeto. Avatar ini lalu digunakan untuk berinteraksi di dalam ruang virtual aplikasi tersebut.

Popularitas Zepeto yang terus bertumbuh turut menarik perhatian dari raksasa fesyen global seperti Gucci dan Ralph Lauren. Merk-merk ini telah menciptakan baju virtual untuk dijual di platform tersebut.

Aktivitas fesyen Zepeto yang membludak mengakibatkan ekonomi pencipta konten pada platform itu menjadi terpusat pada fesyen.

“Zepeto bisa jadi adalah marketplace fesyen virtual terbesar di dunia,” ujar CSO Naver Corp, Rudy Lee.

IKLAN

Sebagai investor Alibaba, keterlibatan SoftBank di putaran Seri B Zepeto menyusul investasi terhadap Sandbox, platform gaming metaverse pada blockchain Ethereum.

Dalam dunia Sandbox, pengguna dapat menciptakan semesta pribadi memakai beragam elemen. Platform ini didukung oleh perusahaan properti digital NFT asal Hong Kong, Animoca Brands.

Sebab itu, Sandbox dapat menambahkan token NFT sebagai fitur agar pengguna dapat menuai untung dari hasil ciptaan mereka pada platform tersebut.

Tahun ini, Sandbox mengalami pertumbuhan pengguna pesat dengan lebih dari 500 ribu pengguna terdaftar serta 12 ribu pemilik lahan unik. Aset kripto Sandbox (SAND) pun turut meroket dan menjadi salah satu kripto paling digandrungi saat ini.

Sandbox (SAND) Kian Popular Gegara Metaverse?

Gaming pada blockchain dan startup terkait metaverse mulai menarik investasi besar dari pemodal ventura. Avocado, sebuah kelompok gaming blockchain, belum lama ini mengamankan pendanaan senilai US$18 juta dari sekelompok investor, termasuk Solana Ventures. [theblockcrypto.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait