Investor Cardano Wajib Tahu Mengapa Harga ADA Sempat Turun 14 Persen

Harga koin Cardano (ADA) sempat turun 14 persen, yang membuat para investor terkejut karena harga tidak bergerak sevolatil itu dalam 20 hari terakhir.

Sejak awal bulan ini, pergerakan harga ADA cukup positif, bergerak naik dari kisaran level US$0,492 ke US$0,595, sebelum jatuh lebih dari 14 persen yang membawanya ke level yang lebih rendah dari awal ia memulai kenaikan.

Selain ADA, beberapa kripto utama lain juga mengalami penurunan hebat, seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan Avalanche (AVAX). Namun, ada faktor fundamental tersendiri dari ADA, yang membuat pasar menjadi agresif dalam menjual.

Inilah Mengapa Harga ADA Jatuh Kuat

Berdasarkan laporan AMB Crypto, pengembang Cardano, Adam Dean, mengatakan ada masalah terkait pengembangan jaringan.

IKLAN

Dalam sebuah tweet di hari Kamis (18/8/2022), Adam mengungkapkan adanya sebuah bug yang secara hebat merusak jaringan Cardano.

Ia pun mengklaim, versi jaringan yang seharusnya telah diuji dan siap untuk hard fork Vasil, juga terpengaruh bug tersebut.

Selain itu, Adam juga mengatakan bahwa pengembang yang terburu-buru untuk melakukan pembaruan di mainnet menjadi salah satu alasan mengapa kerusakan itu terjadi.

Meski masalah telah terdeteksi, nyatanya testnet masih tetap tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jaringan tidak berfungsi karena sebagian besar operator telah memperbarui ke versi 1.35.2, untuk meniru Hard Fork Combinator (HFC) dari Vasil.

Juga, versi saat ini, 1.35.3, kini tidak kompatibel dan tidak dapat disinkronkan dengan jaringan. Ini berpotensi terjadinya penundaan baru bagi rilisnya hard fork Vasil.

Potensi Pemulihan

Secara teknikal, harga ADA juga mengalami penurunan hebat dalam beberapa hari terakhir, menghapus semua keuntungan yang diciptakan sejak awal bulan Agustus. Ini membawa prospek bearish yang mengkhawatirkan, sehingga pemulihan banyak dilihat tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Dari sentimen global, kekhawatiran kenaikan angka inflasi AS juga menjadi tanda, bearish akan dapat kembali mendominasi. Jika itu terjadi, maka selera risiko dapat kembali menyusut, membawa potensi aksi jual lanjutan yang lebih hebat.

Itu tidak hanya akan membawa dampak buruk bagi harga koin Cardano, tetapi juga pada keseluruhan pasar kripto. [st]

 

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait