Investor Dogecoin Gugat Elon Musk, Minta Ganti Rugi US$258 Milyar

Sejumlah investor Dogecoin menggugat Elon Musk dan dua perusahaannya, Tesla dan SpaceX, serta menuntut ganti rugi sebesar US$258 milyar.

Gugatan class action itu dilayangkan oleh Keith Johnson dan investor Dogecoin lain yang mengalami kerugian, di Pengadilan Distrik New York, Kamis (16/6/2022).

Disebutkan pada dokumen gugatan, bahwa tergugat (Elon Musk, Tesla dan SpaceX), dituding terlibat melakukan investasi skema ponzi Dogecoin (DOGE).

Investor Dogecoin Gugat Elon Musk

“Sejak Elon Musk dan perusahaannya mulai membeli, mengembangkan, mempromosikan, mendukung dan menjalankan Dogecoin pada tahun 2019, penggugat mengalami kerugian moneter sekitar US$86 milyar…dan dengan kerugian lainnya, setara US$172 milyar,” sebut penggugat yang diwakili pengacara Evan Spencer.

Dokumen gugatan sepanjang 26 halaman itu sangat terperinci menuliskan argumen mereka bahwa Dogecoin diyakini sebagai judi dan investasi skema ponzi. Hal lainnya bahwa Dogecoin adalah sekuritas (efek) yang ilegal, karena tidak terdaftar di Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC) di AS.

Penggugat juga meyakini bahwa Elon Musk menggunakan kuasa dan pengaruhnya sebagai orang terkaya di dunia untuk memanipulasi publik lewat Twitter dengan mengajak orang membeli Dogecoin.

Musk dan Dogecoin Itu

Pada Januari 2022, Elon Musk memang mengumumkan bahwa perusahaan kendaraan listriknya Tesla, akan menerima Dogecoin sebagai pembayaran untuk produk mereka. Kemudian pada Mei, ia mengumumkan bahwa pembayaran Dogecoin juga akan diterima oleh perusahaan untuk eksplorasi ruang angkasa SpaceX.

Kemudian pada April 2022 lalu, Dogecoin Foundation, di mana Elon Musk menjabat sebagai salah seorang penasihat di dalamnya (diwakili oleh Jared Birchall), berencana menggunakan jaringan satelit Starlink milik Elon Musk agar memfasilitas transaksi DOGE bisa secara luring. Tim dari yayasan itu mengaku konsepnya sudah ada, tetapi perlu waktu yang panjang.

Dukungan Elon Musk terhadap Doge memang sangat-sangat telanjang. Salah satu contoh belum lama ini adalah ia mendukung penggunaan luas software Dogecoin (DOGE), DogecoinCore.exe, versi terbaru. Dukungan ini membalas cuitan salah seorang pendiri kripto itu, yakni Shibetoshi Nakamoto alias Billy Markus.

Developer Dogecoin Tolak Duit Elon Musk

Pada Mei 2021, salah seorang pengembang inti Doge menolak tawaran uang dari Musk untuk mendukung pengembangan kripto itu. Tetapi, pengembang itu menolaknya secara halus. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait