spot_img
spot_img

Isyarat Kuat dari SEC: Reksadana Bitcoin Grayscale Akan Disetujui?

Reksadana Bitcoin terlihat akan segera hadir setelah adanya sinyal hijau dari Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS terhadap pengajuan dari Grayscale.

Bukan pengajuan baru, melainkan Grayscale ini mengubah produk investasinya, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), menjadi reksadana Bitcoin.

Apa Itu Reksadana Bitcoin?

Reksadana Bitcoin adalah produk investasi yang melacak kinerja kripto Bitcoin tanpa harus benar-benar memiliki aset yang terkait.

Bagi investor, ini adalah cara yang lebih aman untuk berinvestasi di kripto tanpa harus memilikinya, yang tentu saja mereka tidak perlu berurusan dengan bursa kripto.

Meski terlihat sama saja, namun secara prosedur produk ini jauh lebih aman dan sederhana karena investor tidak perlu mengkhawatirkan risiko peretasan yang biasa terjadi pada para investor kripto ritel.

Tidak memiliki aset berarti tidak mungkin kehilangan aset karena dicuri.

Lampu Hijau dari SEC AS?

Berdasarkan pengumuman resminya, SEC AS saat ini sedang memperhatikan pengajuan untuk mengubah GBTC menjadi reksadana Bitcoin, atau disebut juga Bitcoin ETF.

Pengajuan tersebut datang setelah Komisi tersebut menyetujui peluncuran Bitcoin ETF, tetapi yang bersifat berjangka (futures), milik ProShares.

Menurut dokumen yang diterbitkan oleh SEC, pengajuan dari Grasycale tersebut telah dibuat oleh NYSE Arca pada 19 Oktober 2021. Sesuai aturan Komisi, mereka telah meminta komentar dari orang-orang yang tertarik pada pengajuan tersebut.

Diketahui, Coinbase Custody Trust Company akan bertindak sebagai kustodian untuk produk investasi, dalam hal persetujuan SEC AS. Sementara, TradeBlock akan menyediakan indeks yang digunakan untuk dana yang akan melacak harga Bitcoin.

“Sponsor mengharapkan bahwa harga pasar saham akan berfluktuasi dari waktu ke waktu sebagai respons terhadap harga pasar Bitcoin. Selain itu, karena saham mencerminkan perkiraan pengeluaran Trust yang masih harus dibayar tetapi belum dibayar, jumlah Bitcoin yang diwakili oleh saham akan berkurang secara bertahap seiring waktu karena Bitcoin Trust digunakan untuk membayar biaya Trust,” ungkap pengajuan tersebut.

Menariknya, menurut waktu internal Komisi, peralihan GBTC menjadi Bitcoin ETF dapat disetujui paling lambat 24 Desember 2021. Ini bisa menjadi semacam hadiah natal bagi para investor yang sedang menunggu-nunggu datangnya reksadana Bitcoin.

Tentu saja, eksposur dari produk investasi ini akan meningkatkan kekuatan Bitcoin untuk mencetak ATH baru. Apakah itu akan mencapai harga 6 digit angka? Mari kita simak. [st]

 

 

 


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait