Isyarat Pasar Saham Kian Memburuk, Pasar Kripto Mungkin Ikut Terpuruk

Investor legendaris Michael Burry memberikan isyarat bahwa pasar saham akan kian memburuk, jatuh lebih hebat dan akan menyeret pasar kripto.

Michael Burry, yang terkenal karena memrediksi kejatuhan pasar perumahan di tahun 2008 dan menyebabkan gelombang crash ke semua pasar, kini telah melihat peluang kejatuhan bersejarah lainnya di pasar saham.

Banyak pengikutnya di Twitter yang menanyakan kapan terjadinya crash, namun ia tidak menjawab secara pasti. Yang jelas, Burry telah membuang semua kepemilikan sahamnya dan hanya menyisakan satu saja.

Selain Burry, investor ternama asal Inggris Jeremy Grantham juga berpandangan serupa, di mana ia melihat upaya reli di pasar saham yang terjadi saat ini adalah pergerakan koreksi di pasar bearish.

IKLAN

Dari sudut pandangnya, kejatuhan aka disebabkan oleh pertarungan antara the Fed dan inflasi yang akan semakin melukai perekonomian AS.

Pasar Saham dan Pasar Kripto Dapat Lebih Buruk Lagi

Berdasarkan laporan Finbold, Michael Burry melihat bahwa penurunan pada pasar saham akan terus berlanjut dan lebih mengerikan.

Pada akhir Agustus kemarin, ia menulis tweet yang mengatakan bahwa indeks saham S&P500 telah merosot 18 persen dari puncak Desember 2021.

Selain memrediksi kejatuhan yang lebih pedih di pasar saham, ia juga memeringatkan para pelaku pasar agar tidak terjerat FOMO. Ia mengantisipasi adanya bencana hebat di pasar keuangan karena aksi keras investor ritel.

IKLAN

“Ketika kripto jatuh dari triliunan, atau stok meme turun dari puluhan milyar, kerugian pasar utama akan mendekati ukuran negara,” tambahnya.

Selain itu, Burry juga melihat korelasi yang kian kuat antara pasar saham dan pasar kripto, sehingga kejatuhan pasar saham dan menariknya jatuh lebih hebat di masa depan.

Melihat kejatuhan pasar kripto saat ini, Burry menilai bahwa itu terjadi karena aksi peminjaman yang kacau untuk mendanai suatu proyek kripto. Kejatuhan di satu pasar akan menyeret pasar lainnya untuk jatuh seperti efek domino.

Sudut pandang investor sekelas Burry tentu tidak dapat diremehkan karena ia memiliki sudut pandang tersendiri yang biasanya terlambat disadari oleh orang-orang. Sehingga, berhati-hati dan lebih menahan diri untuk masuk ke pasar adalah saran yang mungkin dapat diterapkan di sepanjang tahun ini. [st]

IKLAN
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait