Jameson Lopp: 2018 Adalah Tahun Terbaik Bitcoin

2018 bisa dibilang bukan merupakan tahun yang baik bagi banyak pihak di industri kripto, mengingat pasar kripto yang menurun sepanjang tahun dan harga Bitcoin anjlok 80 persen. Kendati demikian, Jameson Lopp mengatakan, Bitcoin mencapai banyak hal dalam setahun terakhir, sehingga 2018 bisa disebut sebagai tahun terbaik bagi kripto nomor satu itu.

Jameson Lopp, seorang tokoh di industri kripto sekaligus pendiri Satoshi.info dan Bitcoinsig.com, menulis melalui Medium untuk menjelaskan beragam tolok ukur di mana Bitcoin bersinar tahun lalu. Pria yang menyebut dirinya sebagai seorang cypherpunk profesional mencuit melalui Twitter, bahwa 2018 bisa disebut sebagai tahun yang terburuk atau terbaik bagi Bitcoin, tergantung ukuran apa yang digunakan.

Menurut Lopp, jumlah “berita kematian” Bitcoin selama beberapa tahun terakhir terus meningkat, tetapi menurun pada tahun 2018. Data dari 99Bitcoins.com menunjukkan pada tahun 2017 ada 125 berita kematian Bitcoin, tetapi turun menjadi 90 di tahun 2018.

Lopp mengungkap beberapa data yang dengan jelas menunjukkan Bitcoin masih sehat dan bugar serta berkembang dengan sempurna pada 2018. Dari sisi kesadaran dan edukasi, Bitcoin menarik perhatian banyak orang. Bagi orang yang hanya melihat harga sebagai satu-satunya patokan kesehatan Bitcoin, memang Bitcoin mengecewakan, tetapi selain itu Bitcoin mencapai banyak hal luar biasa.

IKLAN

Perhatian terhadap Bitcoin pun bergeser dari negara maju ke negara berkembang sehingga ada gelombang orang-orang baru yang ingin memahami sisi teknis kripto tersebut. Salah satu cuitan Lopp mengangkat data Google Trends dimana penelusuran Bitcoin bergeser dari Australia dan Singapura di tahun 2017 ke Ghana dan Nigeria di 2018.

Lopp juga menyoroti, laju langganan baru di topik Bitcoin di situs media sosial Reddit menjadi pelan seiring turunnya nilai tukar Bitcoin, tetapi di sisi lain jumlah langganan tersebut tetap tumbuh besar sebanyak 380 ribu pengguna, atau sekitar 61 persen di tahun 2018.

Minat akademisi terhadap Bitcoin juga meningkat, yang menurut Lopp sangat baik bagi prospek jangka panjang industri kripto dan penting untuk membangun pemahaman lebih dalam tentang teknologi yang sedang dibangun.

Selain tingkat kesadaran dan minat terhadap Bitcoin, persentasi transaksi Bitcoin yang menggunakan Segregated Witness meningkat dari 10 persen menjadi 40 persen di 2018.

IKLAN

Bukan hanya sebagai kripto, Bitcoin juga menunjukkan pertumbuhan besar sebagai pencatatan data yang terpercaya. Jumlah data yang dimasukkan ke dalam blockchain meningkat banyak tahun lalu. Pada tahun 2018, hashrate Bitcoin bertumbuh dua kali lipat meskipun harganya turun drastis dan menyebabkan banyak penambang Bitcoin terpaksa gulung tikar akibat didera kerugian.

Itu adalah faktor-faktor yang menunjukkan Bitcoin memiliki performa sangat baik di tahun 2018 menurut Lopp. Kendati demikian, ia juga mengaku ada beberapa faktor lainnya yang tidak bagus. Adalah pilihan masing-masing pegiat kripto untuk melihat Bitcoin dari sisi optimis atau pesimis seiring pasar kripto memasuki tahun baru 2019. [Coingape.com/ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait